Sekjen Gerindra Ungkap Pesan Prabowo soal Pilkada dan Pilpres
TEMPO.CO | 09/06/2020 19:46
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kelima kanan), Ketua MPR Bambang Soesatyo (keempat kanan), Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (ketiga kanan), Lestari Moerdijat (kedua kanan), Syarief Hasan (kanan), Fadel Muhammad (kelima kiri), Hidayat Nur Wahid (
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kelima kanan), Ketua MPR Bambang Soesatyo (keempat kanan), Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (ketiga kanan), Lestari Moerdijat (kedua kanan), Syarief Hasan (kanan), Fadel Muhammad (kelima kiri), Hidayat Nur Wahid (keempat kiri), Arsul Sani (ketiga kanan), Jazilul Fawaid (kedua kiri), dan Ahmad Muzani (kiri) berfoto bersama usai melakukan pertemuan di Kertanegara IV, Jakarta, Jumat malam, 11 Oktober 2019. Para Pimpinan MPR menemui Prabowo untuk menyampaikan undangan. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta-Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta para kader untuk merapatkan barisan dan menguatkan partai menjelang kontestasi Pilkada 2020 maupun Pemilu 2024. Menurut Muzani, seruan ini sekaligus merujuk pernyataan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) partai pada Kamis malam lalu, 4 Juni 2020.

"Agar semua kader bersatu, mengonsolidasikan seluruh kekuatannya untuk membangun mesin partai dan kekuatan pada masa-masa yang akan datang," kata Muzani dalam keterangan tertulis, Selasa, 9 Juni 2020.

Muzani menuturkan, Prabowo juga meminta kader untuk terus menjaga kepercayaan rakyat yang didapat dari Pemilu 2019. Prabowo meminta seluruh kader Gerindra yang menempati posisi anggota legislatif, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk memaksimalkan peran mereka.

Prabowo, kata Muzani, juga menginstruksikan penataan kelembagaan partai hingga ke tingkat cabang. Muzani berujar penataan ini vital bagi pergerakan partai dan pergerakan politik di masa mendatang, khususnya di tahun 2024 nanti.

Mengenai Pilkada serentak 2020, Muzani mengatakan Gerindra memprioritaskan seluruh kader untuk maju menjadi calon kepala daerah. Kata dia, majunya kader akan menjadi pencapaian politik bagi partai di tingkat daerah. Prabowo, lanjut Wakil Ketua MPR ini, juga meminta agar pengkaderan partai terus dilakukan. "Struktur yang mapan harus ditopang oleh kader-kader yang militan," ucap Muzani.

Lebih lanjut mengenai pencapresan 2024, Muzani mengatakan Prabowo meminta kader untuk bersabar. Prabowo disebutnya akan mengambil keputusan pada saatnya nanti. Jika kader meminta dan masyarakat mengharapkan, kata Muzani, Prabowo tentu akan mempertimbangkan untuk kembali maju di Pilpres 2024.

"Selama kekuatan, selama hayat masih dikandung badan, selama itu diminta oleh kader, selama partai memanggilnya, beliau Insya Allah akan siap menghadapi, akan siap memikul beban tugas partai tersebut," ujar Muzani.

Rapimnas Gerindra yang dilakukan secara virtual pada Kamis malam pekan lalu mengusulkan Prabowo kembali menjadi ketua umum partai periode 2020-2025. Gerindra akan segera menggelar kongres untuk menindaklanjuti keputusan tersebut.

BUDIARTI UTAMI PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT