Jokowi Bertemu Tertutup dengan Tokoh Lintas Agama di Istana
TEMPO.CO | 02/06/2020 18:40
Sekretaris Umum PGI, Pendeta Gomar Gultom (kanan) sampaikan sambutan disaksikan oleh Joko Widodo, di kantor PGI, Jakarta Pusat, 19 Juli 2014. TEMPO/Dhemas Reviyanto
Sekretaris Umum PGI, Pendeta Gomar Gultom (kanan) sampaikan sambutan disaksikan oleh Joko Widodo, di kantor PGI, Jakarta Pusat, 19 Juli 2014. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi akan menggelar pertemuan tertutup dengan delapan tokoh lintas agama di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Selasa, 2 Juni 2020.

Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom, yang hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan Presiden Jokowi membahas pentingnya peran seluruh elemen masyarakat memasuki masa new normal.

dia menjelaskan, Presiden meminta para tokoh agama turut membantu mengajak masyarakat meningkatkan disiplin nasional di tengah pandemi ini.

"Tanpa disiplin, apapun yang dikerjakan oleh pemerintah, akan sia-sia, dan masyarakat akan terus berada dalam bayang-bayang penularan Covid-19," ujar Gomar menceritakan pertemuan tersebut lewat keterangan tertulis hari ini.

Dia menjelaskan pemerintah sedang mempersiapkan masyarakat untuk membuka kembali aktivitas perokonomian dan ibadah secara bertahap di 120 kabupaten/kota yang tidak ada kasus sama sekali.

Di daerah-daerah tersebut diharapkan bisa berlangsung kehidupan yang normal.

Dalam pertemuan itu hadir Helmy Faishal Zaini (PBNU), Abdul Mukti (PP Muhammadyah), KH. Muhyiddin Junaidi (MUI), Pdt. Gomar Gultom (PGI), Ignatius Kardinal Suharyo (KWI), Wisnu Tenaya (PHDI), Arief Harsono (Permabudhi), dan Xs Budi Santoso Tanuwibowo (Matakin).

Gomar mengatakan, dalam pertemuan itu para tokoh agama juga menyampaikan masukan kepada Presiden Jokowi, salah satunya disampaikan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mukti.

Tokoh-tokoh agama meminta komunikasi para pejabat kepada masyarakat satu irama dan tidak bertentangan antarpejabat.

"Kami di lapangan mengalami kesulitan menghadapi masyarakat kalau hal ini berlangsung terus menerus,” kata Gomar menirukan ucapan Mukti.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT