Akun Instagram Pemred Koran Tempo Diretas saat Memandu Diskusi
TEMPO.CO | 31/05/2020 13:52
Ilustrasi proses peretasan di era teknologi digital. (Shutterstock)
Ilustrasi proses peretasan di era teknologi digital. (Shutterstock)

TEMPO.CO, Jakarta - Akun Instagram Budi Setyarso, Pemimpin Rekdasi Koran Tempo, diduga diretas. Peretasan itu terjadi ketika ia tengah memandu acara diskusi Tempo berjudul 'Mengapa Diskusi dan Tulisan Diteror?' pada Ahad, 31 Mei 2020.

"Sebelum acara berakhir, saya melihat pop up notifikasi email tentang aktivitas di akun Instagram saya. Karena acara masih berjalan, saya tidak langsung membukanya," ujar Budi melalui pesan teks pada Ahad, 31 Mei 2020.

Setelah acara selesai, Budi kemudian membuka email. Ia mendapati adanya pesan berisi laporan bahwa terjadi aktivitas tak wajar di akunnya, yang dilakukan menggunakan Chrome Mac OS X dari Singapura.

Budi mengatakan, ada tiga email berurutan dengan waktu berdekatan. "Pertama memberi tahu perubahan kata sandi, yang tidak saya lakukan. Dua email berikutnya memberi tahu aktivitas yang tak wajar di akun saya," kata dia.

Namun, Budi tak bisa mengakses fasilitas pemulihan yang tersedia di platform. Selain itu, akunnya juga menghilang dari Instagram. Ia pun telah melaporkan peretasan ini ke pihak Facebook. Namun, hingga kini akun miliknya belum bisa diakses.

Kendati demikian, Budi tak mau terburu-buru menyimpulkan dugaan peretasan ini berkaitan dengan acara diskusi yang ia pandu. "Saya tidak bisa menyimpulkan apakah ini ada kaitan dengan diskusi yang sedang berjalan," ucap dia.

Dalam diskusi yang digelar hari ini, Tempo menyoroti sejumlah tindakan intimidasi yang terjadi belakangan ini. Salah satu yang paling hangat adalah terjadinya teror dalam diskusi Constitutional Law Society (CLS) Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM).

Pelaksana kegiatan diskusi mahasiswa CLS FH UGM mendapatkan teror akan dibunuh oleh orang tak dikenal. Ancaman bahkan juga ditujukan hingga ke keluarga panitia dan narasumber acara.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT