Damkar Evakuasi Mobil Terperosok Hingga Semprot Disinfektan
TEMPO.CO | 30/05/2020 22:04
Petugas Damkar Jakarta Selatan mengevakuasi kendaraan minibus terperosok di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 30 Mei 0220. ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan
Petugas Damkar Jakarta Selatan mengevakuasi kendaraan minibus terperosok di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 30 Mei 0220. ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan

TEMPO.CO, Jakarta - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkar Jakarta Selatan mengevakuasi mobil terperosok hingga penyemprotan disinfektan pencegahan Covid-19 guna menghadapi era normal baru.

"Sebuah mobil minibus terperosok pukul 15.00 WIB di Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu, diduga pengemudi kelelahan," kata Kepala Regu Grup B Sektor IX Pasar Minggu, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan, Ardiansyah, di Jakarta, Sabtu, 30 Mei 2020.

Sebuah minibus bernomor polisi B 1706 EKF dikemudikan oleh Glen, 51 tahun melaju dari arah Jalan Raya Ragunan menuju Pasar Minggu. Saat mengemudi, diduga supir mengantuk hingga lepas kendali dan naik ke atas trotoar.

"Petugas Kelurahan Jati Padang melapor kepada Damkar minta untuk dilakukan evakuasi," kata Ardiansyah.

Sebanyak empat petugas evakuasi dikerahkan ke lokasi, penanganan menggunakan peralatan lengkap pendukungnya. "Kendaraan berhasil dievakuasi pukul 15.00 WIB dan tidak ada korban jiwa," kata Ardiansyah.

Di hari yang sama petugas Damkar Jakarta Selatan juga melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum seperti masjid, sekolah hingga jalan protokol. "Total hari ini ada 31 titik penyemprotan disinfektan dilaksanakan," kata Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Helbert Plinder Luan.

Helbert mengatakan Damkar Jakarta Selatan kembali mendapat tugas melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, fasilitas sosial, rumah ibadah dan jalan-jalan lingkungan.

Petugas Damkar Jakarta Selatan melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokol wilayah Jakarta Selatan, untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19, Sabtu, 30 Mei 2020. ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan

Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19 di wilayah Jakarta Selatan menghadapi era normal baru di tengah pandemi Covid-19.

Pelaksanaan penyemprotan tahap II ini dilaksanakan oleh Damkar berkoordinasi dengan kelurahan dan jajaran terkait pengawalan untuk disinfektan di jalan protokol dan lingkungan.

Pada tahap pertama penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Damkar dimulai dari tanggal 14 Maret 2020, total wilayah sudah disemprot sebanyak 429 titik dan pada April sebanyak 59 titik. "April kita tidak penuh lakukan penyemprotan karena fokus imbauan pencegahan kebakaran dan PSBB," katanya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT