Megawati Merayakan Idul Fitri dengan Mematuhi Protokol Covid-19
TEMPO.CO | 24/05/2020 12:29
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berbincang dengan Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Pertahanan Keamanan Puan Maharani dalam acara pengumuman calon kepala daerah gelombang I di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu, 19 Februari 202
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berbincang dengan Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Pertahanan Keamanan Puan Maharani dalam acara pengumuman calon kepala daerah gelombang I di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta-Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat Idul Fitri 1441 Hijriah. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati merayakan Idul Fitri dengan berkumpul bersama putra-putrinya.

"Ibu Megawati Soekarnoputri berkumpul bersama putra-putri beliau dan memenuhi seluruh ketentuan pemerintah berkaitan dengan protokol pencegahan Covid-19," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Ahad, 24 Mei 2020.

Hasto menuturkan fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat PDIP juga mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Megawati dari rumah masing-masing. Protokol Covid-19 memang meminta masyarakat tak menggelar kegiatan yang dapat mengakibatkan kerumunan di tengah pandemi sekarang ini.

Hasto mengatakan, umat Islam telah menjalankan puasa sebulan penuh dalam suasana sederhana dan prihatin akibat pandemi. Dia pun meyakini Idul Fitri ini menjadi momentum solidaritas nasional untuk memperkuat gotong royong, saling memaafkan, berbagi, dan berbela rasa. "Di hari Idul Fitri ini kita perkuat gotong royong nasional untuk melawan virus Corona," kata Hasto.

Sejarah, lanjut Hasto, membuktikan bahwa Idul Fitri di Indonesia diperingati secara khas dan menyatu dengan seluruh tradisi kebudayaan. Dia berujar, oleh Bung Karno dan KH Wahab Chasbullah, Idul Fitri menjadi momentum halalbihalal, membangun persaudaraan nasional yang menyatukan elite politik dari konflik, dan kebersamaan rakyat.

Menurut Hasto, kini Idul Fitri hadir sebagai hajat bangsa yang sarat pesan keagamaan dan kebudayaan. "Selama satu bulan penuh, Baitul Muslimin PDI Perjuangan telah mengadakan Ngaji Bamusi dan juga menyampaikan pesan-pesan Bung Karno tentang Islam," ujar dia.

BUDIARTI UTAMI PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT