Luhut Pandjaitan: Jokowi Minta Kementerian Godok Skema New Normal
TEMPO.CO | 24/05/2020 03:39
Menteri PPN/Kelapa Bappenas Suharso Monoarfa berbincang dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelum mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020. Para menteri tampak berbinc
Menteri PPN/Kelapa Bappenas Suharso Monoarfa berbincang dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelum mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020. Para menteri tampak berbincang santai sembari menunggu rapat yang dipimpin Presiden Jokowi itu dimulai. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan semua kementerian menyiapkan skema new normal atau normal baru. Luhut pun tengah menggodok skenario new normal untuk industri.

"Presiden sudah perintahkan supaya itu disiapkan. Jadi Presiden sangat aktif sekali dalam mengingatkan para menteri dan kami Menko rapat sesuai tugas kami melakukan koordinasi ketat," ujar Luhut di saluran radio RRI, Sabtu 23 Mei 2020.

Dia mengatakan skema new normal industri dibahas bersama dengan Menteri Kooordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan berbagai pihak lain. "Kami menyusun dan memerintahkan setiap industri itu membuat protokol kesehatannya lebih detail, supaya tadi aman," kata dia.

Protokol new normal, kata Luhut, dibuat karena saat ini belum ditemukannya vaksin  anti-virus corona, sehingga masyarakat sementara waktu mesti  menyesuaikan.

Luhut menyatakan, protokol ini dibuat berdasarkan hasil kajian pemerintah agar masyarakat bisa menjalankan new normal dengan aman. 

Dia mencontohkan, skenario new normal sektor industri yang sedang dirampungkan pemerintah. "Misalnya gini, mungkin dua shift sekarang jadi tiga shift karena jaga jarak, jadi semua dipelajari sekarang," ucapnya.

Pada kesempatan berbeda, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan sejumlah tahapan sebelum memulai kembali aktivitas di era normal baru dan melonggarkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sebelum melakukan era normal baru, kata Airlangga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat. Menurutnya, metode dan formulasinya sedang disiapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

EKO WAHYUDI





REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT