Ubur-ubur Terekam Berenang di Kanal Venesia Selama Lockdown
TEMPO.CO | 25/04/2020 20:00
Seorang ahli zoologi merekam ubur-ubur yang berenang melalui perairan jernih dari kanal Venesia. [Instagram/Andrea Mangoni]
Seorang ahli zoologi merekam ubur-ubur yang berenang melalui perairan jernih dari kanal Venesia. [Instagram/Andrea Mangoni]

TEMPO.CO, Jakarta - Ubur-ubur terlihat berenang melalui kanal-kanal Venesia yang semakin jernih setelah Italia memberlakukan lockdown nasional untuk menghambat virus Corona.

Seorang ahli zoologi bernama Andrew Mangoni merekam video ketika ubur-ubur cantik ini terlihat di kanal dekat alun-alun Saint Mark.

Sejak Italia memberlakukan lockdown untuk mengendalikan penyebaran COVID-19, kanal Venesia yang keruh menjadi jernih, memungkinkan kehidupan biota laut terlihat dari permukaan.

"Saya bisa merekam ubur-ubur itu, yang sangat dekat dengan San Marco Square, berenang hanya beberapa inci di bawah permukaan air," kata Mangoni, dikutip dari CNN, 25 April 2020.

"Kombinasi gelombang rendah dan lalu lintas rendah telah menyebabkan pengendapan sedimen di dasar kanal yang telah meningkatkan transparansi air di kanal-kanal Venesia," katanya.

"Berkat ketenangan yang luar biasa dari kanal-kanal Venesia karena tidak adanya perahu, ubur-ubur ini (Rhizostoma pulmo) berenang di perairan transparan dekat jembatan baretteri, dan tampaknya lolos dari pantulan bangunan, tampak seperti tidak bergerak," tulis Mangoni di Instagram, dikutip dari The Independent.

Bulan lalu sebuah video viral menunjukkan lumba-lumba yang konon berenang ke kanal-kanal Venesia. Namun, video ini kemudian dibantah.

Bukan hanya makhluk laut. Penduduk Llandudno di kota Welsh juga dibuat heran ketika kambing gunung menguasai kota mereka selama lockdown.

Babi hutan, yang biasanya hanya sesekali terlihat di sekitar kota Barcelona, kini telah muncul dalam jumlah yang lebih besar selama wabah.

Pejabat di Venesia mengatakan bahwa perairan yang lebih jernih bukan merupakan indikasi polusi yang lebih sedikit. Berkurangnya perahu atau gondola yang melintasi kanal membuat sedimen tidak teraduk, sementara polusi udara telah menurun.

Destinasi wisata di seluruh dunia telah menyaksikan bagaimana alam mengambil alih kehadiran manusia. Kota-kota yang lockdown karena virus Corona telah menemukan satwa liar seperti kanguru, kambing, dan puma menjelajahi jalan-jalan yang sepi, sementara beruang berpesta di taman nasional yang kosong.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT