Ada Corona, PLN Siapkan Layanan Lapor Meter Mandiri Via Whatsapp
TEMPO.CO | 23/04/2020 21:14
ilustrasi listrik di rumah (pixabay.com)
ilustrasi listrik di rumah (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) alias PLN menangguhkan sementara proses pencatatan dan pemeriksaan stand meter bagi pelanggan pasca bayar. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Sebagai gantinya, untuk rekening Mei 2020, PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp terpusat bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stan dan foto kWh meter.  “Ini bagian dari physical distancing yang kita lakukan, mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona,” tutur Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 April 2020.

Pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan cara antara lain pertama, siapkan nomor kWh meter dan foto stan meter. Selanjutnya, buka Aplikasi WhatsApp dan kirim pesan melalui nomor 08122123123. Berikutnya, ketik 2 untuk lapor pemakaian pascabayar. Terakhir, ikuti langkah-langkah yang ada dalam pesan Whatsapp.

Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui aplikasi pesan instan tersebut. Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

“Jadi di akhir bulan April ini pelanggan akan melaporkan untuk rekening tagihan bulan Mei. Demikian juga pada akhir Mei nanti, kami mohon pelanggan dapat mengirimkan kembali angka stan meter untuk dasar perhitungan tagihan bulan Juni,” ujar Yuddy.

Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir. “Jadi pelanggan yang tidak bisa melaporkan, tidak perlu khawatir."

Yuddy menambahkan, jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan. Sehingga, pelanggan tetap tidak akan dirugikan. Pengaduan bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123.

CAESAR AKBAR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT