8,5 Juta Pelanggan Listrik Pra Bayar PLN Sudah Dapat Token Gratis
TEMPO.CO | 04/04/2020 20:26
Pemeriksaan dan pencatatan meteran listrik. TEMPO/Tony Hartawan
Pemeriksaan dan pencatatan meteran listrik. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka menyatakan hingga pukul 15.00 WIB pada hari ini, sebanyak 8,5 juta pelanggan listrik pra bayar telah mendapat input token gratis ataupun diskon 50 persen. 

"Saat ini layanan utama untuk mendapatkan token tersebut kami arahkan melalui website www.pln.co.id. PLN sudah menambah kapasitas situs tersebut hingga empat kali lipat dari kondisi tertinggi sebelumnya,” ujar Made dalam siaran pers, Sabtu, 4 April 2020.

Adapun token untuk 2,5 juta pelanggan lainnya akan diperbaharui secara bertahap paling lambat hingga tanggal 11 April 2020. Pemberian diskon ataupun penggratisan tagihan listrik itu adalah salah satu bentuk stimulus ekonomi yang diberikan pemerintah di masa pandemi Corona hingga tiga bulan mendatang.

PLN, kata Made, terus berupaya memberikan kemudahan bagi 24 juta pelanggan rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) yang mendapatkan listrik gratis. Sementara 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi akan mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk bulan April, Mei dan Juni.

Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.

Token listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi dapat didapatkan dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara, untuk kemudahan pelanggan, PLN juga menyiapkan layanan WhatsApp melalui nomor 08122123123. Hingga Sabtu pagi ini,ada sedikit kendala dan sedang dalam perbaikan kapasitas server, agar dapat segera diakses kembali servernya.

Made berharap layanan WhatsApp dapat beroperasi normal pada Senin pekan depan, 6 April 2020. “Kami mohon maaf karena WhatsApp belum bisa beroperasi maksimal karena terbatasnya kapasitas. Bayangkan jutaan orang mengirim pesan bersamaan. Oleh karena itu, kami terus melakukan komunikasi agar bisa beroperasi kembali."

Jika melalui layanan Whatsapp, token listrik bisa didapatkan dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan. Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

PLN, kata Made, menyadari di situasi seperti saat ini, baik listrik gratis ataupun diskon ini sangat dibutuhkan oleh konsumen yang kurang mampu. "Kami akan pastikan semua pelanggan yang berhak harus mendapatkan haknya,” tuturnya.

BISNIS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT