Donor Darah Berdatangan ke PMI Jaksel Atasi Kekurangan Stok
TEMPO.CO | 04/04/2020 11:55
Seorang warga pendonor tetap mendatangi PMI Jakarta Selatan mendonorkan darahnya, Jumat 3 April 2020. ANTARA/HO-PMI Jakarta Selatan
Seorang warga pendonor tetap mendatangi PMI Jakarta Selatan mendonorkan darahnya, Jumat 3 April 2020. ANTARA/HO-PMI Jakarta Selatan

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah warga mulai mendatangi Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan untuk jadi donor darah guna membantu mengatasi kekurangan stok saat wabah corona.

"Hari ini ada lima orang yang datang menjadi donor," kata Humas PMI Jakarta Selatan Dedet Haryadi, saat dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat 3 April 2020.

Jumlah donor mandiri yang datang ke PMI untuk menyumbangkan darahnya berkurang sejak diberlakukannya jarak sosial (social distancing) untuk mencegah penularan virus corona COVID-19.

Masyarakat yang rutin jadi donor darah diduga khawatir untuk keluar rumah di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Dedet, sejak ramai pemberitaan terkait stok darah PMI semakin menipis sementara kebutuhan terus meningkat, para donor memberanikan diri datang ke PMI.

"Sudah mulai agak normal sejak ada berita itu, masyarakat mulai tanya-tanya lewat IG (instagram), lalu kami anjurkan untuk datang langsung ke PMI," kata Dedet.

Selain datang sendiri, PMI juga melakukan jemput bola, mendatangi tempat-tempat yang ingin jadi donor darah seperti perusahaan atau instansi.

Untuk memberikan rasa aman bagi donor saat menyumbangkan darahnya, PMI Jakarta Selatan menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk saat ini masyarakat untuk keluar rumah masih agak takut, cuman mereka berani untuk datang, karena kita ceritakan juga protokolnya di PMI," kata Dedet.

Bagi donor yang datang ke PMI akan diarahkan untuk mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum masuk, lalu diukur suhu tubuhnya. Bagi pendonor yang suhu tubuhnya di atas normal tidak dianjurkan mendonorkan darahnya.

Dedet mengatakan, walau sudah ada yang datang mendonorkan darah, tetapi stok masih mengalami kekurangan.

Stok darah Pakced Red Cell (PRC), per Jumat 3 April di PMI Jakarta Selatan saat ini golongan darah A satu kantong, golongan darah B dua kantong, dan golongan darah O dua kantong. "Golongan darah AB masih kosong," kata Dedet.

Minimnya stok darah, PMI memberlakukan bagi keluarga pasien yang membutuhkan darah diminta untuk donor langsung ke PMI Kramat, Jakarta Pusat. Dedet mengatakan PMI akan melakukan donor darah dengan cara jemput bola bila ada permintaan dari masyarakat.

Donor hanya perlu menghubungi nomor telepon atau hotline PMI Jakarta Selatan di nomor 0831-5132-8327. "Itu nomor kami," kata Dedet.

Untuk melayani donor darah jemput bola, PMI memberlakukan sistem kuota grup, maksimal enam orang. "Karena kendaraan juga kita sesuaikan dengan social distancing," kata Dedet.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT