Begini Arab Saudi Imbau Umat Muslim Tunda Haji Imbas Virus Corona
TEMPO.CO | 01/04/2020 04:05
Ilustrasi Ibadah Haji. Getty Images
Ilustrasi Ibadah Haji. Getty Images

TEMPO.CO, Riyadh -Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengimbau umat Muslim untuk menunda pelaksanaan ibadah Haji sampai kondisi penyebaran virus Corona mereda.

Hal itu disampaikan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, seperti dikutip dari reuters.com pada Rabu, 1 April 2020 waktu setempat.

Setiap tahun, ada sekitar 2,5 juta umat Muslim dari seluruh dunia yang mengunjungi kota Mekah dan Madinah untuk melaksanakan ibadah Haji.

Ibadah Haji biasanya dimulai pada akhir Juli, namun wabah virus Corona mengancam ibadah tahunan itu ditunda karena kekhawatiran penyebaran virus Corona yang lebih parah karena adanya kerumunan.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga sudah menunda ibadah Umrah karena mewabahnya virus Corona. Arab Saudi telah melarang penerbangan internasional dan menutup sejumlah kota, termasuk Mekah dan Madinah.

Sebanyak 1.563 orang Arab Saudi telah dinyatakan positif COVID-19, sepuluh di antaranya meninggal. Sementara virus ini telah menjangkiti lebih dari 800 ribu orangsecara global dan membunuh 38 ribu.

REUTERS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT