Anies Baswedan Jamin Stok Pangan Jakarta Aman Hingga 2 Bulan
TEMPO.CO | 31/03/2020 22:08
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kesiapan pangan menjelang perayaan Natal dan tahun baru ke Food Stasion Cipinang Jakarta Timur, Jumat 20 Desember 2019. Tempo/Taufiq Siddiq
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kesiapan pangan menjelang perayaan Natal dan tahun baru ke Food Stasion Cipinang Jakarta Timur, Jumat 20 Desember 2019. Tempo/Taufiq Siddiq

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan stok pangan dan kebutuhan pokok di Jakarta aman hingga dua bulan ke depan. Menurut dia, kebutuhan pangan di Jakarta mencukupi meski tanpa ada pasokan yang masuk.

"Aman, jadi kebutuhan pokok di Jakarta Alhamdulillah aman. Kami siap meskipun tidak ada pasokan sekalipun misalnya," ujar Anies dalam konferensi pers daring di Balai Kota, Selasa, 31 Maret 2020.

Gubernur DKI menegaskan hingga saat ini pasokan kebutuhan pokok ke Jakarta masih berjalan tanpa kendala. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini melibatkan TNI dan kepolisian untuk menjaga jalur-jalur distribusi agar tidak ada gangguan.

Anies mengatakan kebutuhan pokok warga Jakarta harus dipenuhi mengingat masa tanggap darurat Covid-19 diperpanjang hingga 19 April 2020. Jakarta kini telah menyiapkan program belanja dari rumah untuk membantu warga memenuhi kebutuhan pokok dan pangan selama masa pandemi Corona.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menyebutkan sudah tersedia 50 lebih pasar di Jakarta yang bisa melayani masyarakat belanja online dari rumah. Caranya dengan melihat daftar pasar dan nomor telepon pedagang yang telah disediakan di situs pasarjaya.go.id.

Anies menambahkan warga bisa langsung menghubungi para pedagang dan berbelanja. "Sehingga kegiatan jual beli yang biasanya di dalam pasar sekarang bisa secara digital dan warga tidak harus keluar rumah untuk berbelanja," ujarnya.

Untuk memudahkan masyarakat, lanjut Anies Baswedan, PD Pasar Jaya sebagai pengelola juga sudah bekerja sama dengan layanan ojek online untuk mengantarkan bahan belanjaan langsung ke rumah warga.

TAUFIQ SIDDIQ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT