Lima Tokoh Agama Minta Masyarakat Taati Seruan Ibadah dari Rumah
TEMPO.CO | 28/03/2020 10:51
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. REUTERS
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Pimpinan lima agama besar di Indonesia menyerukan kepada umatnya untuk melakukan ibadah dari rumah. Tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu menyatakan hal itu perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sekretaris Umum Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Arorun Niam meminta umat Islam memperbanyak ibadah dan doa agar virus Corona segera dapat ditanggulangi. Namun, ibadah itu harus dilakukan dari rumah untuk menghindari munculnya kerumunan yang bisa menjadi penularan virus. “Mari kita makmurkan bumi Allah dengan ibadah, ibadah tidak hanya dari masjid, tetapi di rumah masing-masing,” kata dia di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu, 28 Maret 2020.

Sekretaris Umum Persatuan Gereja Indonesia Jacklevyn F. Manuputty meminta agar umat Protestan melaksanakan ibadah dari rumah. Ia mengatakan mengeluarkan imbauan kepada seluruh gereja untuk menjaga jarak aman dengan memindahkan seluruh ibadah dari gereja ke rumah. Ia juga meminta para keluarga untuk memberikan edukasi mengenai pencegahan Corona, termasuk rasa peduli kepada sesama umat manusia yang terdampak oleh wabah ini. “Ini saat kita membangun keintiman dan spiritualitas dari rumah masing-masing kepada Allah dalam kristus yang memberikan kehidupan,” kata Jack.

Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin mengatakan mendukung seruan pemerintah untuk melaksanakan ibadah dari rumah. Ia mengatakan apabila teknologi tak tersedia untuk melakukan ibadah di rumah, umat Budha dapat melakukan pengalaman dharma, serta menguatkan ikatan antar keluarga. “Banyak yang bisa kita lakukan meski tidak berkumpul,” kata dia.

Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Wali Gereja Indonesia, Steve menyerukan umat Katolik memperbanyak doa supaya Indonesia bisa segera lepas dari wabah Corona. Ia meminta umat Katolik mendoakan tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam menangani pasien ini. Meski begitu, ia meminta agar semua ibadah dilakukan dari rumah. Ia mengatakan gereja telah mengeluarkan petunjuk untuk melaksanakan ibadah dari rumah. “Semua uskup sudah mengeluarkan petunjuk untuk ditaati dengan disiplin,” kata dia.

Sedangkan Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan Parisada Hindu Dharma Nyoman Suarthanu mengajak seluruh umat Hindu mematuhi, imbauan pemerintah melaksanakan ibadah dari rumah. PHDI, kata tokoh agama ini, juga sudah mengeluarkan surat edaran berisi imbauan agar umat melakukan ibadah dari rumah. “Salah satunya tidak melakukan kegiatan persembahyangan bersama, melakukan kegiatan hidup sehat.”

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT