Hasil Rapid Test Drive Thru di Kabupaten Bekasi: Semua Negatif
TEMPO.CO | 27/03/2020 21:30
Petugas medis mengecek kesehatannya dengan mengambil sampel  darah dengan metode rapid test (pemeriksaan cepat) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu 25 Maret 2020. Pemeriksaan yang dilakukan khusus tenaga medis di Bekasi guna memutus m
Petugas medis mengecek kesehatannya dengan mengambil sampel darah dengan metode rapid test (pemeriksaan cepat) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu 25 Maret 2020. Pemeriksaan yang dilakukan khusus tenaga medis di Bekasi guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

TEMPO.CO, Bekasi - Sebanyak 77 orang dinyatakan negatif dalam rapid test virus corona atau Covid-19 secara drive thru di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jumat, 27 Maret 2020.

"Pemeriksaan hari ini, difokuskan untuk kategori B, yakni bagi mereka yang berprofesi dengan interaksi sosial tinggi," Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi (Pikokabsi), dr. Alamsyah.

Mereka adalah Anggota Babinsa (TNI), Bhabinkamtibnas (Polri), hingga pejabat publik yang langsung berhadapan dengan warga seperti Camat, Lurah/Kepala Desa. "Pemeriksaan kali ini dengan sistem drive thru menggunakan kendaraan. Baik itu roda dua ataupun roda empat. Jadi, tidak perlu antri berdesakan," kata Alamsyah.

Sementara itu, tes secara door to door kepada orang dalam pemantauan (ODP) masih berlangsung dari kemarin hingga hari ini. Selain mendatangi ke rumah-rumah, petugas medis juga melakukan pengetesan di puskesmas dan rumah sakit.

"Kami berharap setelah tes secara masif ini peta sebarannya Covid-19 dapat terlihat dan dapat memutus mata rantai penyebarannya," ujar Alamsyah.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi sampai hari ini, jumlah orang dalam pemantauan mencapai 324, pasien dalam pengawasan 84, sedangkan pasien positif corona mencapai 18 orang, empat diantaranya meninggal dunia, sedangkan satu sembuh.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT