Trump Agendakan Diskusi Dengan Xi Jinping Soal Virus Corona
TEMPO.CO | 27/03/2020 09:14
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pengarahan singkat tentang virus Corona di Gedung Putih di Washington, AS, 17 Maret 2020. [REUTERS / Jonathan Ernst]
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pengarahan singkat tentang virus Corona di Gedung Putih di Washington, AS, 17 Maret 2020. [REUTERS / Jonathan Ernst]

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Amerika Donald Trump diagendakan berkomunikasi dengan Presiden Cina, Xi Jinping, Jumat ini, 27 Maret 2020. Keduanya akan membahas situasi terbaru soal pandemi virus Corona (COVID-19).

"Trump menyampaikan bahwa dia kemungkinan besar akan berbicara dengan Xi Jinping pada hari Kamis (Jumat waktu Indonesia). Ia meragukan kebenaran data dari Cina," sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters.

Pertemuan pada hari ini akan menjadi yang pertama untuk Trump dan Jinping sejak Amerika dan Cina saling serang soal siapa yang bertanggung jawab atas pandemi virus Corona. Amerika, beberapa pekan terakhir, konsisten menyerang Cina dengan mengatakan bahwa Cina telah menutupi-nutupi kebenaran terkait virus Corona dan dunia yang harus menanggung akibatnya.

Hal terbaru, pada pertemuan virtual G7 dua hari lalu, Amerika menyebut virus Corona sebagai virus Wuhan dalam draft pernyataan bersama. Hal tersebut menimbulkan konflik di dalam tubuh G7. Di saat kebanyakan negara membutuhkan bantuan Cina, langkah Amerika ditakutkan akan menjauhkan mereka.

Sementara itu, Cina juga terus membalas serangan Amerika. Mereka balik mempertanyakan Amerika soal kebenaran asal virus Corona. Selain itu, Cina juga membela diri bahwa mereka telah bertanggung jawab dengan banyak membantu negara-negara yang terdampak virus Corona.

Belum diketahui secara pasti apa saja yang akan dibahas Trump dan Jinping dalam diskusi ini. Namun, belum lama ini, Trump menyebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terlalu berpihak kepada Cina soal penanganan pandemi virus Corona dan menurutnya hal tersebut tidak adil.

"WHO sudah sangat berpihak kepada Cina. Banyak yang tidak suka akan hal itu," ujar Trump kemarin, waktu Amerika Serikat.

Xi Jinping, hingga berita ini ditulis, belum memberikan konfirmasi apapun soal agenda pembicaraannya dengan Trump. Namun, dia sudah merespon tuduhan Trump bahwa WHO berpihak kepadanya. Lewat pernyataan persnya, Jinping mengapresiasi kerja WHO dalam menangani virus Corona.

"Cina akan terus memberikan dukungan terhadap komunitas internasional untuk melawan virus Corona," ujar Jinping sebagaimana dikutip dari Times of India.

Sebagai catatan, Amerika menjadi negara dengan jumlah kasus virus Corona (COVID-19) terbanyak per hari ini, 85 ribu kasus.

ISTMAN MP | REUTERS | TIMES OF INDIA 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT