Warga di Michigan Coblos Calon Kandidat Presiden Amerika Serikat
TEMPO.CO | 11/03/2020 03:36
Pemilih mengantri untuk memberikan suaranya pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016 di salah satu lokasi pemilihan di Ann Arbour, Michigan.
Pemilih mengantri untuk memberikan suaranya pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016 di salah satu lokasi pemilihan di Ann Arbour, Michigan.

TEMPO.CO, Michigan -Pemilih di negara bagian Michigan, Amerika Serikat berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara Selasa, 10 Maret 2020, waktu setempat atau Rabu dinihari, 11 Maret 2020 WIB, untuk mengikuti pemilihan pendahuluan presiden Amerika Serikat.

Tempat pemungutan suara dibuka dari jam tujuh pagi hingga jam delapan malam. Sebanyak 7,6 juta pemilih terdaftar untuk memilih di sekitar 4.500 lokasi tempat pemungutan suara.

Di East Lansing, kota kecil di tengah Michigan, suasana beberapa tempat pemungutan suara terlihat sepi. Karena hari pemilihan tidak ditetapkan sebagai hari libur, maka TPS biasanya baru ramai didatangi pemilih saat jam makan siang.

Barbara Ball-McClure, kepala TPS 16 di East Lansing, mengatakan hingga Selasa siang, setidaknya sudah 100 orang memilih di TPS tersebut. “Saya tidak bisa prediksi berapa orang lagi yang akan datang ke sini. Tapi siapa saja bisa datang asal sudah terdaftar memilih dan tinggal di area sekitar TPS,” ujar Ball-McClure.

Secara keseluruhan, ada 16 TPS di East Lansing. Beberapa TPS tersebar di sekitar kampus Michigan State University.

Pemilihan pendahuluan presiden diadakan beberapa bulan menjelang pemilihan sesungguhnya.

Kandidat dari Partai Demokrat maupun Partai Republik mengajukan beberapa nama calon kandidat presiden kepada pemilih. Untuk Partai Demokrat, misalnya, kandidat dengan suara terbanyak akan mendapatkan 147 delegasi yang akan mendukung mereka sebagai calon presiden. 

Di pemilihan pendahuluan kali ini, ada 15 kandidat dari Partai Demokrat dan empat kandidat dari Partai Republik—termasuk inkumben Donald Trump.

Ball-McClure menyebutkan pemilih di East Lansing tidak hanya mencoblos calon kandidat presiden hari ini.

Di bilik suara pemilihan pendahuluan presiden Amerika Serikat, pemilih juga akan mencoblos beberapa isu lokal di East Lansing. Seperti penambahan anggaran untuk sistem transportasi lokal, penambahan anggaran untuk kebun binatang Potter Park, dan surat pemilihan mengenai asuransi kesehatan.

INDRI MAULIDAR (MICHIGAN)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT