Kim Jong Un Kirim Surat Berharap Korsel Dapat Atasi Wabah Corona
TEMPO.CO | 07/03/2020 06:22
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bergandengan tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un setelah menonton pertandingan massal The Glorious Country di Stadion May Day di Pyongyang, Korea Selatan, 19 September 2018. (Pyongyang Press Corps Pool via AP,
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bergandengan tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un setelah menonton pertandingan massal The Glorious Country di Stadion May Day di Pyongyang, Korea Selatan, 19 September 2018. (Pyongyang Press Corps Pool via AP, File)

Jakarta-Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berharap Korea Selatan dapat mengatasi wabah Corona. Kim mengucapkan harapan itu lewat surat yang ia kirimkan ke Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Rabu, 4 Maret 2020.

Dalam suratnya, Kim juga mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi kesehatan Moon. "Dan menguraikan bahwa keprihatinannya tentang yang terjadi di Semenanjung Korea adalah tulus," seperti dikutip dari asiaone.com, Jumat, 6 Maret 2020.

Presiden Moon mengucapakan terima kasih atas surat Kim.

Surat Kim dikirim berselang dua hari setelah adik perempuanya, Kim Yo Jong mengeluarkan pernyataan kasar yang menyerang Presiden Moon karena mengkritisi latihan militer Korea Utara baru-baru ini. 

Seperti diketahui, Korea Selatan adalah negara paling parah terdampak Corona setelah Cina. Pada Kamis, 5 Maret, Korea Selatan mengumumkan tambahan jumlah pasien baru Corona sebanyak 438, sementara total pasien berjumlah 5.766.

Korea Utara telah menutup sementara perbatasannya dengan Korea Selatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Korea Utara juga menonaktifkan kantor penghubung yang ada di perbatasan kedua negara untuk mencegah penyebaran Corona. Kim Jong Un juga belum membuat pernyataan tentang situasi virus Corona di negara itu. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT