Mulai Hari Ini 430 Ribu Tiket Pesawat Didiskon hingga 50 Persen
TEMPO.CO | 01/03/2020 05:24
ilustrasi tiket pesawat (pixabay.com)
ilustrasi tiket pesawat (pixabay.com)

TEMPO.CO, Banten - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kebijakan insentif diskon tiket pesawat diberlakukan mulai 1 Maret 2020 hingga akhir Mei 2020 pada 10 destinasi pariwisata yang terkena dampak akibat mewabahnya virus corona Covid-19.

"Mengenai jumlah yang dapat diskon itu 430 ribu orang," kata dia di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Sabtu 29 Februari 2020.

Adapun 10 destinasi yang mendapat insentif diskon tiket penerbangan antara lain Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang. Kuota diskon hanya diterapkan pada 25 persen kursi setiap penerbangan.

Diskon diberikan langsung kepada calon penumpang yang hendak membeli tiket pada periode yang sudah ditentukan. Budi berharap diskon ini bisa menggairahkan orang untuk berpergian secara domestik.

"Secara umum, pemerintah menyediakan dana cash lebih dari Rp 500 miliar," ujarnya.

Budi menjelaskan, dana Rp 500 miliar yang telah disiapkan melalui APBN itu akan digunakan untuk memberikan diskon tiket pesawat sebesar 30 persen. Kemudian Pertamina memberikan 15 persen bagi pembelian avtur dari harga acuan yang ditetapkan.

Kemudian dari segi operator bandara seperti Angkasa Pura I, Angkasa Pura II,dan AirNav akan memberikan diskon sebesar 5 persen bagi layanan bandara untuk maskapai.

"Jadi total insentif yang diberikan yaitu 50 persen (diskon tiket pesawat)," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria mengatakan, perusahaannya memiliki kurang lebih 25 rute penerbangan ke 10 destinasi tersebut. "Khusus untuk seat (kursi) Garuda itu kurang lebih 1 bulan itu 65.700 seat untuk satu bulan yang kita alokasi ke 10 destinasi," kata dia pada kesempatan yang sama.

Dony mengatakan, dari jumlah tiket pesawat yang mendapatkan potongan harga, rute Jakarta-Denpasar  jadi paling banyak. Soalnya, Garuda memiliki 14 penerbangan per hari menuju Pulau Dewata.

"Kurang lebih 25 persen (seat) ya cukup banyak, 1 pesawat mengalokasikan 40 seat. Katakan ke Denpasar 40 seat dikali 14 penerbangan sehari untuk calon penumpang yang ingin terbang," ucapnya.

Sedangkan Lion Air Group yang diundang dalam konferensi tersebut belum bisa membeberkan berapa total kursi yang mendapatkan diskon. Akan tetapi, perusahaan komitmen dengan arahan pemerintah.

"Kami menyambut baik inisiasi yang dilakukan pemerintah dalam menggenjot tren perjalanan udara khususnya di 10 destinasi yang dijalankan," kata  Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.

EKO WAHYUDI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT