KBRI Seoul Bentuk Posko Aju untuk Bantu WNI di Daegu
TEMPO.CO | 27/02/2020 19:34
Rapat persiapan keberangkatan Personil Posko Aju. Foto/KBRI Seoul
Rapat persiapan keberangkatan Personil Posko Aju. Foto/KBRI Seoul

TEMPO.CO, Jakarta - KBRI Seoul membentuk Posko Aju yang berlokasi 53 kilometer atau 45 menit dari pusat kota Daegu agar lebih dekat dengan WNI di kota yang menjadi pusat wabah virus Corona di Korea Selatan.

Menurut pernyataan pers KBRI Seoul, Posko Aju akan menjadi pusat bantuan bagi WNI di Daegu dan Gyeongsangbuk-do. Dua kota ini telah menjadi zona khusus atau special care zones karena lonjakan jumlah orang terpapar virus Corona atau COVID-19.

Pembentukan Posjo Aju merupakan bagian dari perluasan upaya perlindungan WNI di Korea Selatan termasuk di Daegu. Khususnya setelah pemerintah Korea Selatan meningkatkan status kewaspadaan menjadi Red Alert.

Menyikapi wabah virus Corona yang belum mereda sehingga mengkhawatirkan semua orang, KBRI terus menyebarkan berbagai informasi penting mengenai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah virus Corona.

Penyebaran informasi tidak hanya melalui media sosial, tapi juga jaringan komunikasi langsung dengan masyarakat diperluas melalui whatsapp centre KBRI Seoul.

Peta lokasi Posko Aju KBRI Seoul, Korea Selatan. Foto/KBRI Seoul

KBRI juga langsung menghubungi sebagian mahasiswa dan masyarakat Indonesia untuk mengetahui secara langsung kedaan mereka, ketersediaan makanan, dan masker kesehatan.

"Melalui kerja sama dengan berbagai instansi, KBRI membagikan tak kurang dari 14 ribu masker kesehatan gratis terutama ke berbagai daerah yang terkena dampak paling parah," kata KBRI Seoul dalam pernyataan persnya.

Menurut KBRI, koordinasi erat dengan simpul-simpul dan tokoh masyarakat mitra KBRI, paguyuban kedaerahan, mahasiswa, kelompok keagamaan seperti Jamaah Masjid Indonesia dan Jamat Gereja Indonesia sangat memudahkan dalam pemetaan kebutuhan WNI.

"Tercatat hingga saat ini permintaan terbanyak adalah penyediaan masker kesehatan. Sejauh ini, masyarakat masih bisa membeli makanan dan masker di Korsel. Namun khusus untuk masker, terdapat kuota maksimal bagi setiap orang untuk pembeliannya,' ujar KBRI.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan semangat kekeluaragaan WNI di Korea Selatan menghadapi wabah virus Corona di Korea Selatan.

Berikut alamat dan nomor telepon Posko Aju di 7-11 / Gyeongbuk, Euiseonggun, Bongyangmyeon Ansilgil 7-11 dengan nomor hotline +82-10-3601-9980.

 


REKOMENDASI BERITA