Alasan Jakpro Libatkan FEO Saat Uji Coba Pengaspalan Formula E
TEMPO.CO | 22/02/2020 21:51
Pengunjung monas melintas di dekat uji coba aspal yang bakal digunakan dalam balap Formula E di Kawasan Monas, Medan Merdeka Timur, Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020. PT Jakpro sebagai Penyelenggara balap Formula E di Monas, Jakarta Pusat menyatakan uji co
Pengunjung monas melintas di dekat uji coba aspal yang bakal digunakan dalam balap Formula E di Kawasan Monas, Medan Merdeka Timur, Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020. PT Jakpro sebagai Penyelenggara balap Formula E di Monas, Jakarta Pusat menyatakan uji coba pengaspalan Monas untuk memilih jenis aspal yang tidak merusak Cobblestone Monas saat dibongkar nanti. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta -BUMD Jakpro menyatakan proses uji coba pengaspalan sirkuit balap di Monas diawasi oleh Formula E Operation (FEO) sebagai penyelenggara ajang balap mobil listrik tersebut.

"Uji coba dan seluruh pekerjaan diawasi oleh FEO yang sudah memiliki pengalaman membangun berbagai sirkuit di dunia," ujar Wisnu Wardhana, Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 22 Februari 2020.

Wisnu menyebutkan pengalaman FEO dalam membangun sirkuit Formula E di kawasan Effeil Paris dan di Roma, yang memiliki cobbelstobe berusia ratusan tahun, dengan tidak menyebabkan kerusakan.

Wisnu mengatakan bahwa untuk pembangunan sirkuit di Monas yang separuh lintasan melewati cobblestone juga akan mengkedepankan keamanan untuk tidak menyebabkan kerusakan.

Wisnu mengatakan dalam uji coba pengaspalan tersebut untuk menentukan jenis metode yang akan digunakan untuk sirkuit balap, yaitu Sandsheet dan Geotextile.

Wisnu mengatakan selain FEO, proses uji coba juga melibatkan ahli, mulai dari porses pelapisan hingga saat pengelupasan nanti.  Wisnu menambahkan selama uji coba, dua metode pengaspalan itu akan diriview kualitasnya, seperi kerentanan terkelupaa hingga pasca dibongkar nanti.

"Proses persiapan gelar Formula E ini sangat memerhatikan aspek lingkungan," demikian Wisnu soal penyelenggaraan Formula E yang digadang-gadang pada 6 Juni 2020 mendatang.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT