Jokowi Targetkan Tol Banda Aceh - Sigli Beroperasi Saat Lebaran
TEMPO.CO | 22/02/2020 09:03
Sejumlah kendaraan melintas di tol trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis 18 Oktober 2018. Jalan tol trans Sumatera sepanjang 304 km tersebut menghubungkan Pulau Sumate
Sejumlah kendaraan melintas di tol trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis 18 Oktober 2018. Jalan tol trans Sumatera sepanjang 304 km tersebut menghubungkan Pulau Sumatera dari Aceh hingga Bakauheni, Lampung. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

TEMPO.CO, Aceh Besar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi seksi empat jalan tol Banda Aceh - Sigli ruas Indrapuri-Blang Bintang bisa digunakan masyarakat pada saat libur lebaran mendatang. "Yang jawab pak Dirut (Hutama Karya) bisa, Insya Allah bisa," ujar Jokowi, Jumat, 21 Februari 2020. 

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat meninjau pembangunan tol Banda Aceh - Sigli, yang merupakan tol pertama di Provinsi Aceh. Saat ini PT Hutama Karya (Persero) tengah menggarap seksi empat Jalan Tol Banda Aceh - Sigli ruas Indrapuri-Blang Bintang.

Program ini juga masuk dalam proyek strategis nasional yang akan menghubungkan provinsi paling barat Indonesia ini dengan daerah lain di Sumatera.

Saat meninjau tol Aceh, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Ada juga pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo serta pejabat lainnya.

Lebih jauh Jokowi juga memuji cepatnya pembebasan lahan pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) tersebut. Kecepatan itu berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, mulai dari kementerian terkait, gubernur, bupati, PT Hutama Karya sebagai pekerja, serta masyarakat setempat. "Alhamdulillah tol dari Banda Aceh menuju ke Sigli ini 74 kilometer, pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik," katanya.

Tidak ada kendala dalam pembebasan lahan itu yang memungkinkan proses konstruksi jalan tol bisa dilakukan cepat. "Biasanya konstruksi terpentok di pembebasan (lahan), ini pembebasan cepat konstruksi harus mengejar, bagus, bagus. Dari 74 kilometer, secepatnya selesai, lahannya sudah selesai," ujar Jokowi.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT