Low Season, Tiket Pesawat ke Yogyakarta Mulai Rp 370 Ribu
TEMPO.CO | 06/02/2020 07:40
Pengunjung tengah berburu tiket pada Astindo Travel Fair di Jakarta Convention Center, Jumat, 22 Februari 2019. Selain tiket pesawat murah, berbagai paket tour juga ditawarkan. TEMPO/Tony Hartawan
Pengunjung tengah berburu tiket pada Astindo Travel Fair di Jakarta Convention Center, Jumat, 22 Februari 2019. Selain tiket pesawat murah, berbagai paket tour juga ditawarkan. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah maskapai berbiaya murah (low cost carrier airlines) atau LCC menawarkan tiket pesawat murah sepanjang masa low season atau periode sepi kunjungan. Tiket pesawat murah ini berlaku untuk rute domestik selama Februari hingga Maret 2020.

Berdasarkan pantauan Tempo di pelbagai laman pemesanan tiket resmi maskapai dan online travel agregator atau OTA, tarif perjalanan beberapa destinasi favorit berkisar di bawah Rp 1 juta. Misalnya Bali, Yogyakarta, dan Labuan Bajo dari Jakarta.

Untuk tiket penerbangan ke Yogyakarta, harga tiket pesawat yang semula dipatok melampaui Rp 450 ribu kini dibanderol seharga Rp 370 ribuan. Maskapai AirAsia misalnya, menjual harga tiket sebesar Rp 371 ribu untuk periode penerbangan Februari hingga 18 Maret 2020 pada hari kerja atau weekdays.

Harga serupa juga ditawarkan untuk maskapai penerbangan Citilink, anak usaha Garuda Indonesia. Sedangkan harga tiket untuk Lion Air lebih mahal ketimbang dua maskapai tersebut, namun masih berada di bawah Rp 400 ribu. Untuk perjalanan hingga Maret, Lion Air memasarkan tiket rute Jakarta-Yogyakarta seharga Rp 396 ribu.

Adapun untuk destinasi favorit lainnya, seperti Bali, maskapai LCC rata-rata menjual tiket seharga Rp 500 ribuan. Maskapai AirAsia melalui lamannya menawarkan tiket penerbangan ke Pulau Dewata seharga Rp 591 ribu hingga Maret 2020, kecuali saat Nyepi.

Sedangkan maskapai LCC lain, yaitu Citilink, mematok harga lebih murah. Citilink menjual tiket perjalanannya ke Bali seharga Rp 518 ribu. Sementara itu, Lion Air mematok harga sekitar Rp 533 ribu hingga Rp 610 ribu.

Selain itu, rute penerbangan ke Bali dan Yogyakarta, tiket pesawat menuju Labuan Bajo dibanderol cukup murah. Pada Februari hingga Maret di tanggal-tanggal tertentu, maskapai Citilink mematok harga Rp 719 ribu sekali jalan. Sedangkan AirAsia tampak menjual lebih mahal, yakni mencapai Rp 1,2 juta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu menyatakan telah ada komitmen dari sejumlah maskapai LCC menurunkan harga tiket pesawat di hari-hari tertentu pada masa low season 2020. Secara khusus, harga tiket LCC untuk rute penerbangan domestik angkutan niaga berjadwal akan turun 30 persen di hari Senin hingga Kamis setiap pekan.

“Kebijakan ini adalah komitmen dari maskapai. Awalnya Garuda Indonesia dulu yang mulai. Nanti Lion Air biasanya mengikuti,” ujar Budi Karya di kantornya, Desember lalu.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT