Airin Minta MRT ke Tangsel, Dirut MRT Jakarta: Kami Fokus Fase II
TEMPO.CO | 05/02/2020 22:42
Dari kiri Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dan Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan integrasi Halte Transjakar
Dari kiri Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dan Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan integrasi Halte Transjakarta dan Stasiun MRT Asean di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, 22 Januari 2020. Tempo/Imam Hamdi

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan 
masih berfokus pada proyek MRT Utara-Selatan Fase II. Dia belum mau berkomentar soal permintaan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang mendorong proyek MRT Jakarta hingga ke Tangerang Selatan menjadi proyek strategis nasional (PSN) agar progresnya bisa segera dipercepat.

“Saat ini belum, prioritas kita jalur Utara-Selatan dan Timur-Barat dulu,” kata William usai penandatanganan kerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Selain itu juga, lanjut dia, belum ada penugasan dari Pemprov DKI Jakarta terkait rencana proyek tersebut. “Belum dapat penugasan, kita sifatnya menunggu penugasan dari Pemprov, nanti kerja sama dengan Kemenhub,” katanya.

Namun, William tidak menutup kemungkinan adanya keberlanjutan proyek tersebut setelah Fase II rampung. 

Sebelumnya, Wali Kota Airin mendorong MRT ke Tangsel segera direalisasikan. “Kita masih berusaha agar masuk ke program strategis nasional. Jadi kalau sudah masuk biasanya ada percepatan,” kata Airin.

Ia juga sepakat dengan skema yang disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi soal Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Saat ini progres proyek MRT ke Tangerang Selatan, kata Airin, sudah dilakukan prastudi kelaikan oleh PT MRT Jakarta dan hasilnya sudah diserahterimakan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

Airin mengaku pihaknya masih mengikuti keputusan pemda, karena proyek tersebut melibatkan Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Banten. Adapun, rencana rute yang akan dilintasi oleh MRT di Tangerang Selatan, di antaranya Lebak Bulus-Ciputat-Pamulang-Puspitek-Rawa Buntu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT