DPRD Yakin Wagub DKI Pendamping Anies Terpilih pada Februari
TEMPO.CO | 28/01/2020 21:41
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima surat dua nama calon wakil gubernur DKI dari PKS dan Gerindra, Selasa 21 Januari 2020. Tempo/Taufiq Siddiq
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima surat dua nama calon wakil gubernur DKI dari PKS dan Gerindra, Selasa 21 Januari 2020. Tempo/Taufiq Siddiq

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik memperkirakan pemilihan wakil gubernur atau wagub DKI bakal rampung pada pekan kedua Februari 2020. "Rabu besok kami sudah persiapkan rapat badan musyawarah untuk menggelar Rapimgab (rapat pimpinan gabungan)," kata Taufik di DPRD DKI, Selasa, 28 Januari 2020.

Ia mengatakan, awalnya Rapimgab untuk pemilihan wakil gubernur dijadwalkan pada Senin kemarin, 27 Januari 2020. Namun, karena ada halangan Rapimgab ditunda hingga besok.

Politikus Gerindra itu mengatakan Rapimgab besok bakal membahas tata tertib pemilihan wagub yang telah dibuat oleh dewan periode sebelumnya. Setelah tatib pemilihan wagub disahkan, langkah selanjutnya adalah pembentukan panitia pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Kemudian di Bamus dibawa ke paripurna pemilihan. Pekan kedua Februari mudah-mudahan sudah terpilih," ujarnya.

Partai Gerindra telah mengumumkan dua nama yang bakal diusung menjadi calon wakil gubernur DKI untuk mendampingi Anies Baswedan di kantor Fraksi Gerindra DKI, Senin, 20 Januari 2020. Keduanya adalah Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra.

Mereka menggantikan dua kader PKS yang sebelumnya telah diusung kedua partai, yakni Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto dan mantan Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, yang kini menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PKS.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT