SDA DKI: Sampah jadi Salah Satu Penyebab Banjir Kemarin
TEMPO.CO | 19/01/2020 16:31
Sejumlah Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membersihkan sisa sampah yang tersumbat di saluran air saat banjir di kawasan Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Januari 2020. Banjir tersebut merupakan banjir kedua yang dialami
Sejumlah Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membersihkan sisa sampah yang tersumbat di saluran air saat banjir di kawasan Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Januari 2020. Banjir tersebut merupakan banjir kedua yang dialami warga RT 08 RW 01. TEMPO/Ahmad Tri Hawaari

TEMPO.CO, Jakarta - Sampah menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta pada Sabtu pagi, 18 Januari 2020. Hujan sudah mengguyur Jakarta sejak Jumat malam, 17 Januari 2020.

"Sampah salah satunya, saat petugas melakukan pembersihan masih ditemukan banyak sampah di saluran air," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Selatan, Junjung saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu, 19 Januari 2020.

Beberapa  lokasi genangan yang banyak ditemukan sampah, antara lain, kolong Jembatan Semanggi, Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini dan depan Dinas Pendidikan di Setiabudi.

Selain sampah, genangan juga disebabkan kontur wilayah yang lebih rendah sehingga saat hujan dengan curah tinggi mudah terjadi genangan."Ada juga karena luapan, luapan saluran PHB (penghubung), ke arah Kali Grogol, di kali ada penyempitan, jadi mudah meluap," kata Junjung.

Untuk mengatasi genangan, lanjut Junjung, pasukan biru turun langsung ke lapangan membersihkan sampah-sampah, pembersihan tali dan mulut air serta mengoperasikan pompa portabel dan pompa situasional.

Hujan lebat yang turun sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi menimbulkan genangan di sejumlah titik di antaranya di Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini, depan Dinas Pendidikan Setiabudi, Jalan Hang Lekir di Kebayoran Lama, Semanggi depan Kampus Atmajaya dan kolong Semanggi.

Lalu di Kemandoran Plus dan Perumahan Loka Permai, Gandaria Selatan. Genangan merendam permukaan jalan dengan ketinggian antara 15 centimeter (cm) hingga selutut orang dewasa.

Guna mencegah banjir, Kasudin SDA Jakarta Selatan, Mustajab bersama pasukan biru melakukan kerja bakti di Kecamatan Jagakarsa, tepatnya di PHB Babakan Atas Segmen Gang Family RT 11/RW 09 Kelurahan Srengseng, Kecamatan Jagakarsa.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT