Hasil Rakernas PDIP, Solo dan Medan Jadi Fokus Pilkada 2020
TEMPO.CO | 12/01/2020 22:00
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, memberikan keterangan kepada awak media, di Gedung DPP PDI Perjuangan, Jakarta, 10 Desember 2015. TEMPO/Imam Sukamto
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, memberikan keterangan kepada awak media, di Gedung DPP PDI Perjuangan, Jakarta, 10 Desember 2015. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta- Rapat Kerja Nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau  PDIP menargetkan 60 persen kemenangan dalam Pilkada 2020. Salah satu daerah yang diharapkan kemenangannya adalah Solo dan Medan. Di Solo putra sulung Presiden Jokowi disebut akan ikut berkompetisi, adapun di Medan menantu laki-laki Jokowi yang maju.

“Rakernas I PDI Perjuangan 2020 menegaskan bahwa partai akan berusaha secara sungguh-sungguh memastikan kemenangan dalam pilkada serentak tahun 2020 di sekurang-kurangnya 60 persen kabupaten/kota dan provinsi se Indonesia,” begitu bunyi pernyataan dikutip dari salinan hasil rekomendasi rakernas yang diterima Tempo, Ahad, 12 Januari 2020.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto ada beberapa daerah yang mereka fokuskan untuk menang. Ia tidak membeberkan secara detail mana saja daerah tersebut. Namun menurutnya di dalamnya termasuk Solo, dan Medan. “Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan,” tutur Hasto usai rakernas.

Putra  sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka berupaya mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo pada pilkada 2020. Ia akan bersaing dengan Achmad Purnomo, kader PDIP lain yang juga mencalonkan diri. Purnomo sendiri kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Sedangkan menantu Jokowi, Bobby Nasution, akan maju di pemilihan Walikota Medan, Sumatera Utara. Bobby maju di Medan dengan dukungan PDIP dan Partai Golkar.

Sejauh ini PDIP masih belum mengumumkan kepala-kepala daerah yang mereka rekomendasikan. Menurut Hasto Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya membuka diri untuk anak muda. “Ibu (Megawati) dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai,” ucap dia.

FIKRI ARIGI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT