H-3 Natal, Tol Jakarta - Cikampek Kembali Dibuka Contraflow
TEMPO.CO | 22/12/2019 10:14
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Jakarta - Cikampek KM 28, Karawang, Jawa Barat, Sabtu, 21 Desember 2019. PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik libur natal dan tahun baru jatuh pada hari ini. ANTARA/M Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Jakarta - Cikampek KM 28, Karawang, Jawa Barat, Sabtu, 21 Desember 2019. PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik libur natal dan tahun baru jatuh pada hari ini. ANTARA/M Ibnu Chazar

TEMPO.CO, Jakarta -Polisi kembali membuka sistem contraflow di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Minggu, 22 Desember 2019. Hal ini disebabkan adanya kepadatan lalu lintas kendaraan di sejumlah titik menuju ke Cikampek karena antrean ke rest area serta pertemuan tol layang dan bawah.

"Contraflow dari Km 47 sampai Km 61 arah Cikampek sejak pukul 08.20 WIB," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, Minggu, 22 Desember 2019.

Saat ini, kata dia, terpantau kondisi lalu lintas Jalan Tol Japek arah Cikampek terpantau padat di beberapa titik. Volume kendaraan meningkat di hari kedua libur panjang natal dan tahun baru.

Dengan diberlakukannya contraflow ini diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di kilometer 48 dan titik menjelang rest area di kilometer 50.

"Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu," katanya.

Untuk keamanan dan keamanan pengguna jalan terutama yang melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jasa Marga menambah fasilitas seperti kendaraan Mobile Customer Service (Layanan Jalan Tol) yang dilengkapi dengan BBM dan radiator untuk mengantisipasi kendaraan yang kehabisan bahan bakar.

"Selain itu, Jasa Marga juga menambah jumlah derek khusus untuk untuk jalan tol layang ini, yang semula 4 unit menjadi 6 unit," katanya.

Sebelumnya arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek hingga pukul 07.30 terpantau ramai lancar.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan dalam pantauan terdapat sejumlah kepadatan di beberapa titik yaitu menjelang rest area seperti rest area Km 39, Km 41 dan Km 50 serta menjelang titik pertemuan lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 48.

"Akses masuk Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated ramai lancar nihil antrean," kata Dwimawan Ahad pagi.

Dwimawan menyebutkan terdapat kepadatan di Km 47-48 dampak pertemuan lalu lintas. Sementara itu, antrean Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 10-15 kendaraan.

AYU CIPTA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT