Damkar Temukan 2 Ular Kobra dan Sanca Ukuran 4,5 Meter
TEMPO.CO | 21/12/2019 11:11
Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis 12 Desember 2019. Temuan  King Kobra dengan panjang dua meter tersebut ber
Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis 12 Desember 2019. Temuan King Kobra dengan panjang dua meter tersebut berawal dari laporan warga, selanjutnya ular diserahkan ke komunitas reptile. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

TEMPO.CO, Jakarta - Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menemukan dua ular kobra dewasa dan sanca kembang sepanjang 4,5 meter saat melakukan kerja bakti di kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Jalan Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu, 21 Desember 2019.

"Kami temukan di perkebunan perkantoran P2TP2A Jaktim," kata Kepala Operasional Sudin Jaktim, Gatot Sulaeman, saat dihubungi, Sabtu, 21 Desember 2019.

Gatot menuturkan temuan ular ini bermula saat warga yang ikut aksi kerja bakti melihat ular sanca di selokan. Ketika ditelusuri, warga juga menemukan dua ekor ular kobra. Ular kobra pertama berukuran 40 cm dan yang kedua 1,2 meter. "Ular sanca yang kami temukan betina dan beratnya mencapai lebih dari 50 kg."

Ia menuturkan ular tersebut sempat masuk ke tanah saat akan dievakuasi. Petugas pemadam yang juga dilibatkan dalam kerja bakti beramai-ramai menangkap kedua ular tersebut. Ular tersebut ditemukan sekitar pukul 08.10.

"Ada beberapa petugas yang menangkap. Proses evakuasi ular hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit," ujarnya.

Ular yang ditemukan tersebut bakal diserahkan langsung ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jakarta. "Hari ini kami akan serahkan langsung."

Jumat malam kemarin, Sudin Damkar Jaktim mendapatkan laporan dua penampakan ular dan tiga sarang tawon.

Gatot Sulaeman mengatakan tadi malam pukul 21.53, mendapatkan laporan warga Jalan Penganten Ali RT6 RW6 Tanah Merdeka, Ciracas, bahwa di lingkungan mereka terdapat sekitar 50 anak ular kobra.

"Tapi dalam pencarian kami tidak menemukan anak ular itu. Kami balik kanan (pulang) dan akan kembali jika ada laporan," kata Gatot.

Selain itu, warga juga kembali melaporkan adanya temuan anak ular dengan panjang 40 cm dan diameter 5 cm di Jalan Penganten Ali pada pukul 20.00. Namun, petugas belum bisa menemukan anak ular tersebut. "Kami balik kanan lagi."

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT