Damkar Temukan Sumber Api Kebakaran 3 Rumah di Jakarta Selatan
TEMPO.CO | 16/12/2019 07:11
Ilustrasi kebakaran di pemukiman padat di Jakarta
Ilustrasi kebakaran di pemukiman padat di Jakarta

TEMPO.CO, Jakarta - Komandan Pleton Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) sektor Pasar Minggu, Ruwanto, menjelaskan penyebab kebakaran 3 rumah di Jakarta Selatan. Tiga rumah berukuran 3x7 meter di Jalan Kirai, RT 02 RW 08, Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru itu diduga ludes terbakar akibat korsleting, Minggu 15 Desember 2019.

Ruwanto mengatakan selain menghanguskan tiga rumah, api juga membakar sebuah sepeda motor. "Sumber api dilaporkan dari colokan mesin cuci yang korslet memercikkan api hingga menyambar ke yang lain," kata Ruwanto.

Ketiga rumah tersebut dihuni oleh tiga kepala keluarga yakni Roise (41) beprofesi sebagai pedagang sayur, Sahbana (61) pensiunan PNS, dan Trio Andariyanto (22) pekerja swasta.

Menurut keterangan korban Trio, kata Ruwanto, api muncul saat dia sedang membenarkan sepeda motor di depan rumahnya. Trio melihat ada percikan api yang keluar dari colokan listrik samping mesih cuci.

"Percikan api tersebut mengenai gas yang terletak tidak jauh dari percikan api tersebut, seketika itu menimbulkan kobaran api hingga mengenai tumpukan koran yg berada di dekat mesin cuci," kata Ruwanto.

Api lantas menyambar sepeda motor yang terparkir di rumah Trio, hingga seluruh body motor terbakar.

Melihat kejadian itu, Trio berupaya mengamankan sepeda motornya, tapi api semakin membesar menjalar ke dalam rumah.

"Saksi Trio mencoba mencari pertolongan sambil berusaha memadamkan api dibantu pemilik rumah lainnya," kata Ruwanto.

Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api, dibantu 96 petugas gabungan dari Damkar, Kelurahan Cipete Utara, Dishub, Satpol PP, PPSU dan Polsek Keramat Pela. "Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 13.30 WIB. Api berhasil dipadamkan pada pukul 15.10 WIB," kata Ruwanto.

Akibat kebakaran yang disebabkan percikan api dari korsleting listrik itu, total kerugian yang dialami ketiga penghuni rumah mencapai Rp600 juta rupiah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT