Rumah di Matraman Ambles, Korban Menaruh Harapan pada Anies
TEMPO.CO | 15/12/2019 07:00
Kondisi dua rumah yang ambles di Jalan Kayu Manis IX, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Sabtu, 14 Desember 2019. TEMPO/Lani Diana
Kondisi dua rumah yang ambles di Jalan Kayu Manis IX, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Sabtu, 14 Desember 2019. TEMPO/Lani Diana

TEMPO.CO, Jakarta - Warga bernama Joko Suseno, mengharapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau rumah yang ambles di Matraman, Jakarta Timur. Joko menganggap kehadiran Anies bakal mempercepat pemerintah DKI menyalurkan bantuan untuk keluarganya yang menjadi korban.

"Mudah-mudahan gubernur meninjau biar cepat responsnya. Saya berharap gubernur kemari," kata Joko saat ditemui di lokasi rumahnya yang ambles, Jalan Kayu Manis IX, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Sabtu, 14 Desember 2019.

Joko berujar hingga kini belum ada respons atau bantuan apapun dari pemerintah DKI. Padahal, menurut dia, 15 anggota keluarganya yang menghuni di dua rumah tersebut harus mengungsi. Ada dua rumah yang fondasinya rusak akibat tanah ambles.

Lebih dari itu, pria 38 tahun ini khawatir kondisi rumahnya semakin parah. "Enggak ada tindakan cepat. Yang saya takut runtuh lagi," ucap dia.

Joko mengutarakan rumahnya ambles setelah ada perbaikan gorong-gorong persis di depan rumah dua lantai itu. Pengecoran, lanjut dia, sudah berlangsung tiga hari.

Persis di depan dua rumah itu sedang ada pengecoran gorong-gorong. Petugas tampak membongkar aspal jalan persis di pinggiran bangunan rumah-rumah.

Pengecoran gorong-gorong, Joko menambahkan, sebelumnya dilakukan di seberang rumahnya. Kini pengecoran sudah rampung dan tak ada kejadian seperti yang dialami keluarga Joko.

Dia berujar tak ada korban atas kejadian tersebut. Pemilik rumah yang merupakan tante Joko, Suhartini, menyebut dua hunian ini dibangun pada 1939. Dia pun memperbaiki rumah sekitar 1990-an.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT