Persiapkan Sertijab, Wiranto Kembali Datangi Kemenko Polhukam
TEMPO.CO | 22/10/2019 20:45
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan tokoh Papua  di gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019. TEMPO/M Taufan Rengganis
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan tokoh Papua di gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta- Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mendatangi Kemenko Polhukam untuk menyiapkan serah terima jabatan, Selasa, 22 Oktober 2019. Ia masuk kantor meski masih dalam perawatan dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

"Hari ini, saya seperti biasa, ya, dari RS mesti keluar, ke sini, untuk mengatur kesiapan-kesiapan yang mungkin dibutuhkan seandainya besok ada serah terima. Jadi, ngecek naskah serah terimanya bagaimana, kerjaan yang belum selesai, hambatannya seperti apa," katanya.

Wiranto menuturkan persiapan tersebut merupakan tanggung jawabnya sebagai Menko Polhukam sebelum diumumkan penggantinya oleh Presiden Jokowi. "Saya kira tanggung jawab saya seperti itu. Karena sebelum ada pelantikan besok, saya masih Menko Polhukam kan. Jadi, tanggung jawab, sekarang sudah selesai," katanya.

Setelah hampir tiga jam berada di Kemenko Polhukam, Wiranto mengatakan harus kembali lagi ke RSPAD untuk menjalani terapi. Sebelumnya, Wiranto bersama istri, Uga Wiranto, terlihat meninggalkan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa sekitar pukul 11.25 WIB.

Wiranto tiba kembali di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, sekitar pukul 15.31 WIB menaiki Toyota Alphard dengan pengawalan ketat.

Wiranto diserang oleh orang tidak dikenal saat melakukan kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, Kamis, 10 Oktober lalu. Mantan Panglima ABRI itu menjalani perawatan di RSPAD dan kondisi kesehatannya dikabarkan makin membaik.

Selama menjalani perawatan, Wiranto sudah tiga kali "izin" meninggalkan RSPAD. Pertama pada Sabtu, 19 Oktober, untuk menghadiri perpisahan dengan jajaran pegawai Kemenko Polhukam. Namun, sore harinya kembali ke RSPAD. Wiranto juga meninggalkan RSPAD pada Ahad siang dan tidak diketahui tujuannya. Ia kembali lagi ke rumah sakit sore hari

Pada hari Senin, 21 Oktober, Wiranto meninggalkan RSPAD menuju ke Kantor Kemenko Polhukam untuk menyelesaikan urusan seiring dengan penggantian kabinet. Setelah itu, sore harinya kembali ke rumah sakit.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT