Tingkat Kepuasan Publik Turun, Anies Baswedan: Saya Baca Dulu
TEMPO.CO | 14/10/2019 21:42
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas keberangkatan 432 marbot masjid dan majelis taklim untuk menjalankan ibadah umrah di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Senin, 30 September 2019. Anies menuturkan, baik marbot maupun majelis taklim adalah orang-or
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas keberangkatan 432 marbot masjid dan majelis taklim untuk menjalankan ibadah umrah di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Senin, 30 September 2019. Anies menuturkan, baik marbot maupun majelis taklim adalah orang-orang yang bekerja tidak terlihat tapi hasil kerjanya bisa dilihat dalam membentuk akhlak dan iman warga. Foto/Facebook/Anies Baswedan

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mau berkomentar banyak terkait hasil survei Populi Centre yang menunjukkan adanya tren penurunan kepuasan publik terhadap kinerjanya. Anies menyatakan baru akan berkomentar jika telah membaca lengkap hasil survei tersebut.

"Nanti akan saya baca secara lengkap," ujar Anies saat ditemui di DPRD DKI Jakarta Pusat, Senin 14 Oktober 2019.

Anies mengatakan menjadikan hasil survei Populi Centre tersebut untuk meningkatkan kinerja pemerintah DKI ke depan. Dia juga mengapresiasi lembaga yang telah berinisiatif melakukan survei tentang Jakarta.

Hari ini Populi Centre memaparkan survei terkait kepuasan publik dalam dua tahun kepemimpinan Anies Baswedan. Mereka menilai secara umum kepuasan masyarakat terhadap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu masih tinggi dengan mencapai angka 65,5 persen.

Meskipun demikian, angka tersebut menunjukkan penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai angka 69,8 persen. Penurunan tertinggi terjadi di kategori masyarakat yang merasa sangat puas dengan kinerja Anies Baswedan. Jika tahun lalu angkanya mencapai 10,9 persen, maka tahun ini hanya mencapai 7 persen.

Dalam survei tersebut, Populi Centre melibatkan 600 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). Responden juga dibagi penyebarannya secara proporsional dan merata di 6 kabupaten dan kota administratif di DKI Jakarta. Adapun margin of error dalam survei ini adalah 4.00 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT