IHSG Sepekan Menguat, Meski Dana Asing Kabur Rp 1,12 T
TEMPO.CO | 12/10/2019 12:55
Ilustrasi saham atau IHSG. TEMPO/Tony Hartawan
Ilustrasi saham atau IHSG. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG selama pekan kedua Oktober tercatat ditutup positif pada Jumat, 11 Oktober 2019. IHSG menguat sebesar 0,73 persen menjadi 6.105,800 dari sebelumnya 6.061,252 dibandingkan pada pekan lalu.

"Selain itu, nilai kapitalisasi pasar juga mengalami peningkatan sebesar 0,75 persen," seperti dikutip dalam keterangan tertulis Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diterima Tempo, Sabtu 12 Oktober 2019.

BEI mencatat, kapitalisai pasar menjadi sebesar Rp 7.018,609 triliun. Adapun pada pekan sebelumnya, kapitalisasi pasar tercatat sebesar Rp 6.966,669 triliun pada penutupan perdagangan.

Kendati ditutup positif, data RTI menunjukkan bahwa selama sepekan investor asing justru mencatatkan net sell atau aksi jual bersih. Selama sepekan, asing tercatat membawa kabur dana senilai Rp 1,12 triliun dari seluruh pasar baik reguler maupun negosiasi dan tunai.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan penutupan perdagangan selama sepekan ini diwarnai oleh sentimen positif perang dagang. Hal ini menyusul kicauan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyatakan akan bertemu dengan Perdana Menteri Cina Liu He.

"Pejabat senior AS mengatakan bahwa Liu dijadwalkan meninggalkan AS Jumat malam, dan akan makan malam pada hari Kamis di Washington," kata Hans dalam keteranganya di Jakarta, Sabtu.

Atas pertemuan itu, Hans menyatakan Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk menunda rencana kenaikan tarif impor pekan depan dengan imbalan pakta mata uang. AS juga akan memberikan lisensi kepada sejumlah perusahaaan AS untuk menjual komponen non sensitif ke Huawei.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT