Demo Buruh, Transjakarta Alihkan Empat Rute di Sekitar Gedung DPR
TEMPO.CO | 02/10/2019 09:42
Bus transjakarta saat melintas di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran Senayan di Jakarta, Selasa, 10 September 2019. Direktorat Lalu LintasĀ Polda Metro Jaya melakukan kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta untuk pemasangan kamera sistem t
Bus transjakarta saat melintas di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran Senayan di Jakarta, Selasa, 10 September 2019. Direktorat Lalu LintasĀ Polda Metro Jaya melakukan kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta untuk pemasangan kamera sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalur Transjakarta, agar jalur Transjakarta steril dari pengendara lain selain Transjakarta. TEMPO/Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - PT Transportasi Jakarta kembali mengalihkan sejumlah rute perjalanan Transjakarta karena ruas-ruas jalan di sekitar Gedung DPR masih ditutup. Kepala Divisi Sekretaris dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan ada empat rute yang mengalami pengalihan rute.

"Koridor 1F dan 1B yang melayani rute Bundaran Senayan hingga Stasiun Palmerah dan Tosari hingga Stasiun Palmerah untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC, DPR 1, dan DPR 2," kata Nadia dalam keterangannya, Rabu, 2 Oktober 2019.

Koridor S41 yang melayani rute Pondok Cabe hingga Tanah Abang juga mengalami pengalihan, yaitu tidak melewati halte pengumpan mulai dari Istora Senayan hingga Museum Tekstil.

Sementara itu, koridor 9 yang melayani rute Pinang Ranti-Pluit masih melayani penumpang namun rutenya dialihkan. Bus masih berjalan melewati tol setelah Halte Semanggi dan keluar sesudah melewati Halte Slipi Petamburan. Untuk layanan sebaliknya Pluit menuju Pinang Ranti, layanan berjalan normal.

Berdasarkan penjelasan di atas, terdapat dua halte Transjakarta yang tidak beroperasi hari ini, yaitu Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan arah Pluit. Pengalihan rute Transjakarta masih akan dilakukan selama terjadi penutupan jalan berlangsung.

Penutupan jalan dilakukan akibat dalam satu minggu terakhir, terjadi penyampaian pendapat oleh massa di sekitar area DPR. Demonstrasi tersebut melibatkan banyak pihak mulai dari pelajar, mahasiswa hingga buruh. Hari ini, rencananya giliran buruh yang akan menggelar demo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT