Joko Anwar Bangga kepada Mahasiswa yang Demo di DPR
TEMPO.CO | 24/09/2019 17:21
Joko Anwar Bangga kepada Mahasiswa yang Demo di DPR
Sutrada film Gundala, Joko Anwar saat meet and greet di Yogyakarta Sabtu, 10 Agustus 2019. TEMPO | Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Jakarta - Sutradara Joko Anwar mendukung aksi damai yang dilakukan oleh para mahasiswa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, di Senayan, Jakarta. Ia pun mengunggah foto-foto aksi para mahasiswa itu di Twitter-nya.

"Selamat berjuang, teman-teman mahasiswa! Kami bangga!" tulis Joko dalam kicauannya, Selasa, 24 September 2019.

Dalam kurun waktu tiga jam, cuitan Joko disukai leboh dari lima ribu pengguna Twitter dan dibagikan ulang lebih dari 6.500 kali. Para pengguna Twitter juga merespon membutuhkan patriot di negeri ini.

Para mahasiswa turun ke jalan, menggelar unjuk rasa karena melihat pemerintah dan DPR yang ngebet mengesahkan beberapa rancangan undang-undang bermasalah. Seperti revisi Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, RKUHP, dan RUU Pertanahan.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia Manik Marganamahendra mengatakan ada empat agenda restorasi yang harus dilakukan untuk menuntaskan reformasi.

Aliansi Mahasiswa Indonesia menegaskan bahwa aksi turun ke jalan yang dilakukan mahasiswa se-Indonesia pada 23-24 September 2019 tidak terlibat politik praktis. "Kami jamin agenda aksi kami di tanggal 23-24 tidak terlibat politik praktis mana pun," kata Manik Marganamahendra di Tugu Reformasi Universitas, Grogol, Jakarta Barat, Senin 23 September 2019.

Dengan begitu, Manik mengungkapkan bahwa tidak ada oknum yang bisa menunggangi aksi mahasiswa ini. "Tidak ada yang bisa menunggangi aksi kami, selain menuntut kepada pemerintah dan DPR untuk segera menuntaskan agenda reformasi," ujar dia.

CHITRA PARAMAESTI|FIKRI ARIGI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT