Tiga Warga Terluka di Kebakaran di Jatinegara, Total Kerugian?
TEMPO.CO | 21/09/2019 17:07
Warga mencari sisa harta benda yang masih bisa diselamatkan di rumahnya pascakebakaran di kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta, Sabtu, 21 September 2019. Kebakaran tersebut diduga terjadi akibat hubungan pendek (korsleting) arus listrik. ANTARA
Warga mencari sisa harta benda yang masih bisa diselamatkan di rumahnya pascakebakaran di kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta, Sabtu, 21 September 2019. Kebakaran tersebut diduga terjadi akibat hubungan pendek (korsleting) arus listrik. ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta -Sedikitnya tiga warga di RW01 Kelurahan Rawabunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, dilaporkan mengalami luka-luka bakar saat terjadi kebakaran di Jatinegara , di kawasan permukiman padat tersebut, Sabtu dini hari, 21 September 2019.

"Hingga pukul 12.00 WIB sudah dua warga yang datang untuk konsultasi luka bakar di Posko Puskesmas Jatinegara," kata petugas Posko Kesehatan Puskesmas Jatinegara Dhimas Akbar di Jakarta, Sabtu, 21 September 2019.

Menurut dia korban tersebut atas nama Siswanto dengan luka bakar di lengan kanan. Sementara korban lainnya, Supriadi mengalami luka lebam di jari.

Kedua korban tersebut tercatat sebagai warga di RT04 RW01 Rawabunga yang datang ke Posko Kesehatan untuk memeriksa luka mereka."Luka korban terjadi saat mereka berusaha menyelamatkan harta saat api muncul," katanya.

Dhimas mengatakan penanganan terhadap kedua korban meliputi pemberian cairan antibiotik serta obat penghilang rasa nyeri. "Kita tutup lukanya dengan perban," tutur dia.

Sementara itu Ketua RW01 Rawabunga, Dwi Lestari, menyebutbada korban lainnya atas nama Ibu Masyur yang merupakan pemilik rumah yang diduga menjadi titik awal kemunculan api.

Warga berada di antara puing sejumlah rumah yang terbakar di kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta, Sabtu, 21 September 2019. Kebakaran yang terjadi pada Sabtu dini hari tersebut menghanguskan 129 rumah. ANTARA 

"Saya panggilnya Ibu Mansyur. Dia kena luka bakar ringan di beberapa tangannya. Sekarang sedang dirawat di Puskesmas Jatinegara," katanya.

Adapun Sekretaris Kelurahan Balimester, Ulil, menambahkan salah seorang warganya yang berusia manula mengalami shock dan dilaporkan menjalani perawatan di Puskesmas Jatinegara.

"Hanya shock saja, karena saat kejadian dia panik. Sejak pagi sudah kita bawa ke Puskesmas," ujarnya.

Sebanyak 452 warga di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, mengungsi usai kebakaran yang menghanguskan 129 rumah di Kelurahan Balimester dan Rawabunga, Sabtu dini hari.

Korban diungsikan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bersama dengan instansi terkait Pemerintah Jakarta Timur menuju Jalan Jendral Urip Balimester dan RW01 Rawabunga.

Kebakaran di Jatinegara itu diduga akibat terjadinya korsleting arus listrik di sebuah rumah. Perkiraan total kerugian materi berkisar Rp 2 miliar.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT