Kebakaran di Jatinegara Diduga Karena Korsleting Listrik
TEMPO.CO | 21/09/2019 13:51
Ilustrasi. TEMPO/Firman Hidayat
Ilustrasi. TEMPO/Firman Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta - Kebakaran yang melanda kawasan padat penduduk di Jalan Kemuning, Kampung Bendungan, Jatinegara, Jakarta Timur menghanguskan 129 rumah. Kebakaran di Jatinegara yang terjadi pada Sabtu dini hari tersebut diduga karena hubungan pendek arus listrik.

"Penyebabnya diduga korsleting listrik, untuk kronologi masih dalam penyelidikan," ujar Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Kota Administrasi Jakarta Timur Gatot Sulaiman saat dihubungi Tempo, Sabtu, 21 September 2019.

Gatot menjelaskan kebakaran di kawasan padat penduduk itu membuat 159 KK atau 452 orang mengungsi. Para korban kebakaran berasal dari dua kelurahan yang berbeda, yakni Rawabunga dan Balimester.

Tak ada korban jiwa dari peristiwa ini. "Kerugian ditaksir lebih dari Rp 2 miliar," ujar Gatot.

Kebakaran di Jatinegara terjadi pada pukul 00.46. Sudin Damkar Jakarta Timur yang mendapat laporan lalu mengerahkan sebanyak 22 unit mobil pemadam untuk menjinakan api. Butuh waktu 6 jam untuk petugas memadamkan api di lokasi tersebut.

Lamanya waktu pemadaman itu disebabkan kebakaran terjadi di lingkungan padat penduduk. "Selain itu sumber air sulit didapat," kata Gatot.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT