Anies Mau Gelar Lenong Betawi Rutin di Balai Kota, Mulai Kapan?
TEMPO.CO | 15/09/2019 21:16
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai menghadiri Lebaran Betawi ke-XII 2019 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada Minggu, 21 Juli 2019. Tempo/Imam Hamdi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai menghadiri Lebaran Betawi ke-XII 2019 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada Minggu, 21 Juli 2019. Tempo/Imam Hamdi

TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal mengadakan kegiatan nonton bareng lenong Betawi setiap bulan di Balai Kota DKI.

"Nanti akan saya bicarakan dengan teman-teman bapak ibu di Bamus (Badan Musyawarah) Betawi (untuk nobar Lenong)," kata Anies saat memberi sambutan di acara Milad ke-19 Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Ahad, 15 September 2019.

Anies menuturkan ingin menjadikan Balai Kota DKI sebagai salah satu pusat kegiatan kesenian dan budaya Betawi.

Sebabnya, bagi sebagian warga Betawi yang tinggal berada di Jakarta Utara dan Pusat, jaraknya lumayan jauh jika mesti ke Setu Babakan, untuk mengenal budaya Betawi. "Nanti Insya Allah kita buatkan kegiatan kebudayaan-kesenian secara rutin."

Selain itu, mantan Mendikbud itu mengapresiasi perjalanan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang telah menginjak usia 19 tahun. Menurut dia, warga Betawi di Setu Babakan menunjukkan komitmen besar untuk mengelola dan mengembangkan kawasan itu.

Anies berharap warga Betawi mengajak anak-anak mereka untuk datang ke PBB Setu Babakan dan ikut mengembangkan kawasan itu. "Kami berharap nantinya kita (warga Betawi) benar-benar bisa menjadi tuan rumah yang membanggakan di Jakarta," ucapnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT