3 Momentum: HUT SBY, Hari Jadi Demokrat ke-18, 100 Hari Wafatnya Ani Yudhoyono
TEMPO.CO | 09/09/2019 19:21
3 Momentum: HUT SBY, Hari Jadi Demokrat ke-18, 100 Hari Wafatnya Ani Yudhoyono
Keluarga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar serangkaian acara untuk memeringati HUT ke-70 SBY, HUT ke-18 Partai Demokrat, dan 100 hari meninggalnya Kristiani Herrawati di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 September 2019. TEMPO/Budiarti Utami Putri.

TEMPO.CO, Jakarta - Keluarga mantan Presiden sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menggelar serangkaian acara untuk memperingati tiga momentum pada hari ini, Senin, 9 September 2019. Tiga momentum itu adalah peringatan hari ulang tahun SBY yang ke-70, ulang tahun Partai Demokrat ke-18, dan 100 hari meninggalnya Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono.

Di kediamannya, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, serangkaian peringatan tiga momen ini diawali dengan tahlilan 100 hari meninggalnya Ani Yudhoyono. Tahlil dimulai pukul 17.00 WIB di Pendopo Puri Cikeas.

SBY tampak hadir didampingi dua putra beserta menantunya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Annisa Pohan, dan Aliya Rajasa. Mereka kompak mengenakan batik berwarna biru dipadu peci dan kerudung warna hitam.

Setelah tahlilan selesai, SBY dijadwalkan menyampaikan renungannya setelah delapan bulan ini absen dari kancah politik nasional. Orasi politik bertajuk "Pidato Kontemplasi" itu diagendakan pada pukul 19.30 WIB nanti.

"Setelah selama delapan bulan Ketua Umum SBY tidak tampil di publik untuk berbicara politik, 'Pidato Kontemplasi' SBY akan disampaikan pada publik," kata juru bicara Partai Demokrat Imelda Sari lewat keterangan tertulis, Ahad, 8 September 2019.

Selepas pidato politik, acara akan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh SBY. Acara di Cikeas ini dihadiri oleh jajaran pengurus dan kader Demokrat.

Sebelum rangkaian acara malam ini, DPP Partai Demokrat juga menggelar kegiatan pelepasan anggota Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat tadi pagi.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan dalam pidatonya nanti SBY ingin menyampaikan hasil kontemplasinya sama delapan bulan ini. Hinca enggan membocorkan apa isinya, tetapi menurutnya SBY akan menyinggung ihwal kehidupan bernegara.

"Dengan demikian keluar apa yang ingin beliau sampaikan secara soft dan hal-hal yang penting bagi kami semua lima tahun ke depan," kata Hinca di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 9 September 2019.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT