Pencari Suaka Dipindahkan dari Kalideres, Tapi Tak Tahu Dipindah Ke Mana
TEMPO.CO | 28/08/2019 16:45
Pencari Suaka Dipindahkan dari Kalideres, Tapi Tak Tahu Dipindah Ke Mana
Pencari suaka asal Somalia dan Sudah di eks gedung Kodim Kalideres mulai dipindahkan pada Rabu, 28 Agustus 2019. Tempo/MUH HALWI

TEMPO.CO, Jakarta - Para pencari suaka yang berada di penampungan eks gedung Kodim, Perumahan Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat mulai dipindahkan pada hari ini. 

"Iya, hari ini dipindah," kata Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana, Rabu 28 Agustus 2019.

Indra menuturkan pemindahan para pengungsi yang jumlahnya lebih dari seribu orang itu akan dilakukan secara bertahap. Namun dia tidak mau menjelaskan ke mana mereka akan dipindahkan.

"Saya belum bisa memberikan keterangan, nanti Kesbangpol DKI yang akan memberikan keterangan lebih jelas," ujarnya.

Dari informasi beberapa pengungsi, mereka juga tidak tahu akan dipindahkan ke mana. "Kami tidak tahu pindah ke mana, nurut saja," kata Ali pengungsi asal Sudan.

Seorang pengungsi asal Somalia menyebut, hari ini ada pengungsi dari dua negara yang akan dipindah terlebih dulu, yakni Somalia dan Sudan. Ada sebanyak 170 orang dari kedua negara tersebut yang akan dipindah ke tempat penampungan baru.

Proses pemindahan berlangsung tertib. Pihak UNHCR memanggil satu-satu untuk pengungsi yang masih lajang, diikuti dengan pengungsi yang telah berkeluarga.

Pemindahan para pencari suaka dari Kalideres ini menggunakan lima bus Transjakarta warna oranye.  Sementara untuk barang-barang mereka diangkut menggunakan lima truk Satpol PP. Iring-iringan mobil pengungsi ini dikawal oleh kepolisian, koramil, dan Satpol PP.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT