SBY dan BJ Habibie Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Mengapa?
TEMPO.CO | 16/08/2019 12:51
SBY  dan BJ Habibie Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Mengapa?
Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2018

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah petinggi negara dan tokoh hadir dalam acara Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2019. Dari jajaran mantan Presiden RI, hanya Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri yang hadir. Megawati tampak anggun mengenakan kebaya berwarna merah muda.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden ke-3 BJ Habibie tak hadir. Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan kedua mantan presiden itu tak bisa hadir karena alasan kesehatan.

"Cuma Pak SBY yang enggak datang ya. Pak Habibie juga, karena soal kesehatan," ujar Zulhas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2019.

Jokowi akan berpidato sebanyak tiga kali dalam sidang tahunan ini. Zulkifli Hasan mengatakan, pesan yang disampaikan pada sidang kali ini adalah menjahit kembali persatuan usai terjadinya polarisasi di masyarakat karena Pilpres 2019.

"Artinya, persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat agar Indonesia lebih baik," kata Zulhas.

Sesi terakhir, rencananya Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT