Perluasan Ganjil Genap, Anies Baswedan: Tunggu Pekan Depan
TEMPO.CO | 02/08/2019 20:07
Perluasan Ganjil Genap, Anies Baswedan: Tunggu Pekan Depan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara sepeda santai dalam rangka peringatan ulang tahun Mahatma Gandhi ke-150 di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2019. TEMPO/Lani Diana

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengumumkan kepastian ruas jalan mana saja yang akan menjadi target kebijakan perluasan ganjil genap pada pekan depan. Menurut dia, masalah ini masih terus digodok oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Rutenya pekan depan akan kami umumkan," ujar Anies ditemui di Balai Kota, Jumat 2 Agustus 2019

Pengumuman kepastian rute perluasan ganjil genap itu, menurut Anies akan dilakukan berbarengan dengan sosialisasi kepada masyarakat. Selain dilakukan di sejumlah ruas jalan baru, sosialisasi akan dilakukan di ruas jalan yang saat ini sudah diberlakukan kebijakan ganjil genap. Hal itu terkait dengan penambahan target kendaraan dari yang sebelumnya hanya roda empat menjadi seluruh jenis kendaraan.

"Sampai akhir Agustus akan dilakukan uji coba," ujarnya. Anies berharap langkah tersebut mampu menekan pencemaran udara yang disebabkan oleh polusi kendaraan.

Perluasan ganjil genap merupakan satu dari sejumlah rencana aksi yang tertuang dalam Instruksi Gubernur tentang pengendalian pencemaran udara yang baru diteken Anies Baswedan pada Kamis kemarin. Instruksi tersebut muncul setelah sejumlah laporan menyebutkan bahwa kondisi udara DKI Jakarta menjadi yang terburuk di dunia.

Sebelumnya rute perluasan ganjil genap sempat beredar di jagad maya. Dalam foto yang berisi pengumuman dengan logo Dishub DKI Jakarta dan TMC Polda Metro Jaya tersebut tercantum sejumlah jalan yang baru akan diterapkan aturan ini. Diantaranya adalah: RS Fatmawati, Jl. Panglima Polim, Jl. Sisingamangaraja, Jl. Pramuka, Jl. Salemba Raya, Jl. Kramat Raya, Jl. Gunung Sahari, Jl. Majapahit, Jl. Gajah Mada, Jl. Hayam Wuruk, Jl. Suryoprayanto, Jl. Balikpapan dan Jl. Tomang Raya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT