Air Mata Dunia dalam 3 Foto
TEMPO.CO | 26/07/2019 15:25
Air Mata Dunia dalam 3 Foto
Jenazah bocah imigran asal Suriah yang diketahui bernama Aylan, berada dibibir pantai setelah kapalnya yang ditumpanginya tenggelam saat akan menuju Yunani di perairan Turki, 2 September 2015. Foto bocah laki-laki yang ditemukan polisi Turki di pantai telah memicu kemarahan masyarakat internasional. REUTERS/Nilufer Demir/DHA

TEMPO.CO, Jakarta - Foto hasil bidikan fotografer berita bernama Jose Luis Gonzalez, menjadi buah bibir publik dunia. Foto yang diambil di Ciudad Juarez, Meksiko, pada Senin, 22 Juli 2019, memperlihatkan seorang ibu bernama Lety Perez dan putranya Anthony Diaz, 6 tahun, mengiba kepada petugas keamanan agar diizinkan masuk ke wilayah perbatasan itu.

Perez dan putranya melakukan perjalanan sejauh 2.410 kilometer dari rumah mereka di Guatemala menuju kota perbatasan Ciudad Juarez, Meksiko. Ciudad Juarez adalah wilayah di Meksiko yang berbatasan dengan Amerika Serikat. Perez ingin mengadu nasib ke Negeri Abang Sam agar putranya bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Foto ibu dan anaknya ditodong senjata oleh tentara Meksiko saat hendak menyebrang ke Amerika Serikat, menjadi sorotan. Sumber: Jose Luis Gonzalez/Reuters/ABC News - Go.com

Selain foto bidikan Gonzalez tersebut, berikut tiga foto yang pernah menggugah hati publik dunia.

1. Foto Imigran Tewas Berangkulan
Seorang imigran asal El Salvador Alberto Martinez, 25 tahun dan putrinya Angie Valeria, 24 bulan, tewas tenggelam di sungai Rio Grande wilayah perbatasan Amerika Serikat – Meksiko pada pekan keempat Juni 2019. Martinez dan putrinya melakukan perjalanan dari El Salvador menuju Amerika Serikat untuk meminta suaka perlindungan.

Foto saat keduanya berangkulan di pinggir sungai sangat menyayat hati. Kematian keduanya yang sangat tragis menggambarkan penderitaan yang dialami para pengungsi dan imgran yang sebagian besar dari kawasan Amerika Tengah.

Alberto Martinez, 25 tahun dan putrinya Angie Valeria, 24 bulan, imigran asal El Savador tewas tenggelam di sungai Rio Grande saat mau menyebrang ke Amerika Serikat. Sumber: Julia Le Duc / Associated Press/latimes.com

2. Foto jasad balita Suriah tewas terdampar di pinggir pantai
Pada September 2015, masyarakat dunia geger dengan beredarnya foto seorang balita laki-laki berusia 3 tahun bernama Aylan Kurdi. Dikutip dari thedailystar.net, jasad Aylan tergeletak di bibir pantai sendirian.

Foto Aylan yang malang itu berasal dari kantor berita Turki DHA dan di disstribusikan oleh Associated Press pada para pelanggannya. Foto itu menjadi pukulan telak atas krisis kemanusiaan di Suriah yang dipicu oleh perang sipil menuntut Presiden Suriah Bashar Al Assad mundur.

Aylan tewas bersama kakaknya yang berusia 5 tahun dan ibu mereka ketika kapal karet kecil yang mereka tumpangi terbalik dan tenggelam saat mereka hendak menuju Yunani. Peter Bouckaert, Direktur Gawat Darurt HRW saat itu mengatakan gambar jasad Aylan yang tewas di pinggir pantai adalah foto yang menyayat hati.

Foto anak dan burung bangkai hasil bidikan kamera Kevin Carter. Sumber: The Most Influential Images of All Time

3. Foto anak dan burung bangkai
Foto hasil bidikan kamera Kevin Carter, 33 tahun, telah membuatnya mendapatkan penghargaan fotografi Pulitzer Prize pada 1994. Foto itu menggambarkan seorang balita yang sedang kelaparan di Sudan dan seekor burung bangkai mengintainya.

Carter diberi tahu agar jangan menyentuh balita itu karena dia diduga bisa menyebarkan penyakit. Jadi bukannya menolong, Carter menghabiskan waktu 20 menit menunggu burung bangkai itu melebarkan sayapnya. Publik lalu mengkritiknya setelah tahu apa yang terjadi pada balita malang itu dibalik foto tersebut, yang kemudian menjadi 'santapan' burung bangkai.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT