Biasanya di Monas, Tahun Ini DKI Mau Gelar Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi
TEMPO.CO | 26/07/2019 20:05
Biasanya di Monas, Tahun Ini DKI Mau Gelar Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peletakan batu pertama jalur Jalasena di Pantai Kita dan Pantai Maju, PIK, Jakarta, Ahad, 23 Desember 2018. Anies berharap, pada 17 Agustus 2019 bisa menjadikan pantai itu sebagai pusat upacara peringatan Hari Kemerdekaan. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan berencana menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-74 di Pantai Maju, Pulau Reklamasi pada 17 Agustus 2019. 

"Tapi saya belum dapat update terbaru," kata Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno saat dihubungi, Jumat, 26 Juli 2019.

Jakpro, kata Hani, siap menerima tugas apapun yang diberikan Anies Baswedan, termasuk jika ingin menggelar upacara HUT RI tahun ini di Jalasena Pulau Maju. "Kalau ada tugas uang disiapkan, kami siap jalankan sesuai kompetensi. Konteks kami diberi tanggung jawab untuk infrastruktur dan utilitas di sana," ujarnya.

DKI biasanya menggelar upacara HUT RI di kawasan Monas. Dalam agenda itu, biasanya seluruh PNS di lingkungan Balai Kota DKI akan menghadiri upacara.

Menurut Hani, awal rencana upacara HUT RI di pulau reklamasi muncul saat acara groundbreaking pembangunan Jalur Sehat dan Sepeda Santai (Jalasena) di Pantai Maju, rencana yang sebelumnya disebut Pulau D. Groundbreaking itu dilaksanakan oleh Anies pada 23 Desember 2018.

Pembangunan Jalasena tersebut, kata Hani, saat ini hampir rampung 100 persen. Lokasi tersebut rencananya bisa digunakan untuk umum setelah 30 Juli 2019.

Pemerintah DKI, kata Hani, membangun Jalasena agar tidak ada lagi kesan bahwa pulau reklamasi merupakan wilayah yang ekslusif untuk orang-orang tertentu. Menurut dia, Jalasena dibangun untuk digunakan oleh seluruh masyarakat. "Pantai itu tidak lagi tertutup dan ekslusif," ujarnya.

Sejauh ini, Hani mengatakan fasilitas umum untuk warga seperti toilet, musala dan air sudah mengalir di Jalasena pulau reklamasi. "Fasilitas sudah kami siapkan dan bisa digunakan di akhir bulan ini," kata dia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT