Jak Lingko Digeber, Tambah 29 Rute Terintegrasi Bus Transjakarta
TEMPO.CO | 22/07/2019 07:46
Angkot Jak Lingko yang dilengkapi pendingin atau AC menunggu penumpang di Shelter Jak Lingko Tanah Abang, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019. Saat ini armada Jak Lingko ber-AC baru tersedia sekitar 5 mobil yang mengangkut penumpang dari Tanah Abang ke Kota. TEM
Angkot Jak Lingko yang dilengkapi pendingin atau AC menunggu penumpang di Shelter Jak Lingko Tanah Abang, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019. Saat ini armada Jak Lingko ber-AC baru tersedia sekitar 5 mobil yang mengangkut penumpang dari Tanah Abang ke Kota. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta - Plt Direktur Teknik PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Welfizon Yuza mengatakan bakal ada 29 rute baru Jak Lingko yang terintegrasi dengan bus Transjakarta. "Target kami  setiap 500 meter warga bisa mengakses angkutan yang terhubung dengan Jak Lingko," katanya di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, pada Ahad lalu, 21 Juli 2019.

Ia menuturkan penambahan rute tersebut juga bakal diikuti dengan penambahan armada Jak Lingko yang disokong belasan operator yang tergabung di dalamnya dan bekerjasama dengan Transjakarta. PT Transjakarta yang bakal menambah 150 armada baru untuk rute integrasi tersebut.

Transjakarta juga menargetkan tahun ini ada 1.441 armada mikro yang beroperasi atau menambah sekitar 300 armada dari yang ada sekarang yakni sebanyak 1.170 unit.

Welfizon Yuza mengungkapkan bahwa dalam kerja sama Transjakarta dengan operator tahun ini -- termasuk untuk Jak Lingko -- syaratnya lebih ketat, seperti semua operator harus mengikuti standar. Salah satu standarnya adalah seluruh armada yang bergabung dengan Transjakarta harus baru dan perbaikannya langsung ditangani agen pemegang merk (APM). "Perbaikan tidak boleh oleh operator."

IMAM HAMDI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT