150 Bus Baru Kopaja Minitrans Bakal Perkuat Armada Transjakarta
TEMPO.CO | 22/07/2019 06:49
29_metro_kopaja
29_metro_kopaja

TEMPO.CO, Jakarta - PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta bakal menambah 150 armada Minitrans dari operator Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) tahun ini. Plt Direktur Teknik Transjakarta Welfizon Yuza memastikan oeprasional bus-bus baru tersebut dimulai akhir tahun ini.

"Semua armada unit baru yang harus sesuai dengan standar Transjakarta," kata Welfizon di kawasan Jalan Sabang, Jakarta Pusat, pada Minggiu, 21 Juli 2019.

Dia menjelaskan bahwa Transjakarta bekerja sama dengan Kopaja untuk melayani sejumlah rute integrasi sejak 2015. Saat awal kerja sama Kopaja mengoperasikan 151 armada reguler yang seluruhnya armada lama yang diminta menyesuaikan standar Transjakarta. "Penyesuaian seperti pemasangan AC. Kopaja yang kemarin sudah eksisting sejak 2012-2014," ujarnya. "Jadi cuma rekondisi."

Adapun kerja sama dengan Kopaja tahun ini, Welfizon menuturkan, selain seluruh armada harus baru masih ada beberapa ketentuan lainnya yang harus dipenuhi Kopaja. Salah satunya, standar perawatan oleh agen pemegang merk (APM) bus baru yang dibeli tersebut. Transjakarta juga memperhatikan aspek fisik bus seperti body, sasis, dan rangka demi keselamatan pengguna.

"Dulu perawatan oleh operator disupervisi oleh APM. Sekarang tidak boleh operator, harus APM langsung," ujar petinggi Transjakarta itu.

IMAM HAMDI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT