Belum Bisa Pulang, Rizieq Shihab Nikahkan Putrinya di Mekkah
TEMPO.CO | 21/07/2019 12:20
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat mengikuti di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, 28 Februari 2017. Pool/MI/RAMDANI
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat mengikuti di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, 28 Februari 2017. Pool/MI/RAMDANI

TEMPO.CO, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab
menikahkan putrinya, Syarifah Rufaidah dengan Akhinaa alFaadhil As-Sayyid Alwi bin Hasan bin Ali bin Smith di Mekkah, Arab Saudi.

"Benar, menikah Jumat, 19 Juli 2019," kata pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro kepada Tempo pada Ahad, 21 Juli 2019.

Sugito mengatakan, Alwi bin Hasan bin Ali bin Smith secara khusus datang ke Mekkah dari Jakarta untuk menikah dengan Syarifah. Keduanya menikah di kediaman Rizieq yang juga sekaligus menjadi wali nikah.

Pernikahan anak Rizieq Shihab ini berlangung di tengah kontroversi kepulangan pimpinan FPI itu ke Indonesia. Rizieq yang bermukim di Arab Saudi sejak pertengahan 2017, menurut para pendukungnya tak bisa kembali ke tanah air karena masih ditangkal.

Adapun pemerintah menyebut penyebabnya bukan itu. Menurut Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh, Rizieq wajib membayar denda jika ingin kembali ke Indonesia. Sebabnya, Rizieq sudah melebihi izin tinggal saat kunjungan ke luar negeri. Bahkan izin tinggal Rizieq Shihab sudah berakhir sejak tahun lalu, yaitu pertengahan 2018.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto ikut menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak menangkal maupun merekayasa agar Rizieq tidak kembali ke Indonesia. "Ada berita-berita yang bersangkutan ditangkal masuk ke Indonesia oleh pemerintah, tidak ada. Yang bersangkutan direkayasa untuk tidak kembali ke Indonesia, tidak ada," kata Wiranto.

Wiranto mengatakan, Rizieq tengah menghadapi masalah pribadi terkait kelebihan izin tinggal atau overstay di Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi meminta Rizieq untuk membayar denda overstay terlebih dulu. "Sementara harus menyelesaikan dulu kewajibannya dia selama tinggal di sana yang dianggap melanggar aturan-aturan di Arab Saudi," ujarnya.

Jika Rizieq Shihab masih bermasalah di Arab Saudi, lalu bagaimana proses pernikahan sang anak bisa berlangsung di Mekkah? Terkait hal tersebut, menyoal prosedur pencatatan dan administrasi pernikahan putri Rizieq Shihab, Sugito mengaku belum mengetahui informasi lebih lanjut. "Saya belum tanya detil kalau terkait administrasi pencatat nikahnya," kata Sugito.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT