Ada Jembatan Cinta Pink di Lebaran Betawi 2019
TEMPO.CO | 20/07/2019 18:26
Gerbang jembatan cinta untuk memasuki stand Kepulauan Seribu di perhelatan Lebaran Betawi di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Juli 2019. TEMPO/Lani Diana
Gerbang jembatan cinta untuk memasuki stand Kepulauan Seribu di perhelatan Lebaran Betawi di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Juli 2019. TEMPO/Lani Diana

TEMPO.CO, Jakarta - Ada jembatan cinta di stand Kepulauan Seribu dalam perhelatan Lebaran Betawi 2019 di Monas hari ini. Tulisan jembatan cinta itu terpampang jelas di pintu masuk stand Kepulauan Seribu warna merah muda.

Jembatan cinta menjadi salah satu destinasi warga di Kepulauan Seribu. Lokasinya terletak di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Floretta menceritakan mitos bahwa pasangan yang loncat bersama-sama dari jembatan cinta ke laut akan memiliki hubungan yang awet atau longlasting.

None Kepulauan Seribu, Floretta Feny, mengatakan jembatan cinta sudah menjadi ciri khas Kepulauan Seribu. Floretta tampak sedang menjaga salah satu rumah di sana. "Biasanya orang-orang awam yang mau ke pulau karena jembatan cinta. Jadi ikonik untuk Kepulauan Seribu padahal ada di Pulau Tidung," kata Floretta saat ditemui di rumah Kepulauan Seribu, Sabtu, 20 Juli 2019.

Saat melewati gerbang masuk Kepulauan Seribu, terdapat satu replika rumah besar. Dari pantauan Tempo, terdapat foto yang menunjukkan gambar Tari Bubu dan Tari Pulau Babang khas Kepulauan Seribu lengkap dengan deskripsinya. Dua foto itu ditaruh di teras rumah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melompat dari Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Selasa, 27 Februari 2018. Tempo/Hendartyo Hanggi

Warga pun bisa berfoto di sana dengan latar belakang atau backdrop bergambarkan suasana pantai di Kepulauan Seribu. Selain itu, area stand Kepulauan Seribu pun dipenuhi dengan lima replika rumah kecil. Dekorasi seluruh rumah tampak sama dengan cat perpaduan biru dan kuning. Yang membedakan adalah panitia menyuguhkan makanan khas dari lima pulau di masing-masing rumah.

Floretta berujar setiap tahun Lebaran Betawi memperkenalkan ciri khas kota yang masuk dalam administrasi Jakarta. "Cuma kemarin (tahun lalu) di Situ Babakan enggak segede ini (stand-nya). Jadi pulaunya enggak terlalu kelihatan banget, tapi sekarang kelihatan," ujar dia.

Pemerintah DKI Jakarta bersama Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar Lebaran Betawi ke-12 pada 19-21 Juli 2019. Acara ini menyuguhkan pelbagai budaya, kuliner, hingga musik khas Betawi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT