Sengketa Lahan Stadion BMW, Nirwono Minta DKI Lebih Tegas Lagi
TEMPO.CO | 17/07/2019 08:00
Nirwono Joga. Dok. TEMPO/Aditia Noviansyah
Nirwono Joga. Dok. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Pembangunan Taman dan Stadion BMW di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dimulai meski lahan tersebut masih dalam sengketa PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan perusahaan swasta PT Buana Permata Hijau (BPH).

Pengamat Tata Kota Nirwono Joga mengatakan proyek Stadion BMW atau Stadion Persija sudah direncanakan sejak era Gubernur DKI Wiyogo. Namun sudah berganti beberapa gubernur belum ada langkah tegas untuk menyelesaikan sengketa lahan.

"Perlu ada ketegasan dari pemerintah daerah dan pusat atas status lahan tersebut. Tanpa ketegasan lahan tersebut akan selamanya bersengketa dan pembangunan Stadion BMW tidak akan pernah terwujud," ujar Nirwono pada Selasa, 16 Juli 2019.

Dia menuturkan bahwa masalah sengketa lahan Stadion BMW terlalu banyak kepentingan dan kepemilikan lahan yang tumpang tindih. Hal tersebut mengakibatkan penyelesaikan proyek memakan waktu yang lama. Nirwono berharap ada tindakan yang tegas dari DKI mengenai kepemilikan lahan jika ingin masalah ini cepat selesai.

"Tidak hanya itu, termasuk masalah ganti untung kepada pemilik lahan Stadion BMW, jika terbukti benar dan sah," ujar Nirwono.

MUH HALWI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT