Tip Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak
TEMPO.CO | 03/07/2019 19:15
Tip Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak
ilustrasi listrik (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Tagihan listrik membengkak tentu bukan sesuatu yang ingin Anda alami. Sayangnya secara tidak langsung, banyak hal-hal yang dapat memicu tagihan listik sehingga menjadi mahal.

Baca: Dirjen Ketenagalistrikan Prihatin Lampu Jalan LRT Palembang Mati

Situs Savvy dan The Spurce pun membagikan beberapa tips mudah agar tagihan listrik tetap dalam batas pembayaran wajar.

1. Mandi dengan air dingin
Tidak sedikit rumah atau kontrakan yang menggunakan water heater atau pemanas untuk mandi. Namun tahukah Anda bahwa penggunaannya justru dapat melipatgandakan biaya listrik Anda? Oleh karena itu, apabila tidak terlalu dibutuhkan, pilihnya air dingin saat akan mandi.

2. Gantung baju untuk mengeringkan cucian
Mencuci baju dengan mesin cuci sebenarnya lebih mahal jika harus dibandingkan dengan cara manual. Meski demikian, sebagai seorang pekerja, rasanya tidak mungkin bagi Anda untuk melakukannya sendirian. Setidaknya, Anda membutuhkan mesin cuci untuk mencuci baju. Agar biaya listrik Anda tidak melonjak, disarankan untuk tidak menggunakan fitur mesin pengering. Sebaliknya, gantung saja baju Anda agar kering secara alami.

3. Mematikan barang elektronik yang tidak dibutuhkan
Saat selesai menonton televisi atau mendengarkan radio, sebaiknya segera matikan barang-barang elektronik tersebut. Sebab berdasarkan survey yang dilakukan di Amerika Serikat kepada 150 orang, setidaknya 70 persen diantaranya senang meninggalkan barang tersebut dalam keadaan menyala. Padahal, mereka terbukti menaikan tagihan listrik Anda.

Baca: Mahasiswa Universitas Brawijaya Sulap Limbah RPH Jadi Listrik

4. Bersihkan kumparan lemari pendingin
Bersihkan kumparan pada lemari pendingin sedikitnya dua kali dalam setahun. Ini ditujukan agar Anda bisa memastikan mesin berjalan dengan baik. Sebab, jika dibiarkan begitu saja dan hasilnya terdapat kerusakan, ini bisa menaikan sekitar enam persen tagihan listrik Anda. Kumparan ini biasanya terletak di bagian belakang lemari pendingin. Dalam hal ini, cukup gunakan penyedot debu agar lemari pendingin bekerja dengan baik.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | SAVVY | THESPURCE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT